Pentingnya Musik Dalam Kehidupan Setiap Suku Bangsa di Indonesia

Salah satu kekayaan yang terdapat di negeri ini adalah banyaknya ragam dan jenis musik daerah yang dimiliki oleh setiap masyarakatnya. Hal itu menunjukan kepada kita bahwa betapa pentingnya musik di dalam kehidupan setiap suku bangsa yang hidup di negeri ini. Tidak ada satu suku bangsa pun yang hidup di Indonesia ini yang tidak memiliki kekayaan dalam bidang musik daerah, bahkan dapat dipastikan bahwa setiap suku bangsa memiliki kekayaan lebih dari sepuluh jenis musik daerah. 
Pentingnya Musik Dalam Kehidupan Setiap Suku Bangsa di Indonesia
Kekayaan dalam bidang musik yang masyarakat kita miliki tersebut, sayangnya tidak dibarengi dengan proses pendokumentasian karya-karya dengan baik. Sehingga karya-karya musik yang diciptakan oleh nenek moyang kita terdahulu sulit untuk ditemukan dan bahkan sulit untuk direkonstruksi. Hal itu dikarenakan masyarakat Indonesia terdahulu lebih banyak menggunakan budaya lisan dari pada budaya tulis. Musik-musik yang mereka ciptakan disampaikan secara lisan, tanpa adanya dokumentasi yang dapat dipelajari oleh generasi berikutnya. Hal itu sangat merugikan karena jika para kreator dan penggarapnya telah meninggal, maka karya-karyanya pun ikut hilang. 

Budaya lisan itu sampai saat ini masih tetap ada, terutama di dalam proses pembelajaran musik di daerah, khususnya pada kalangan seniman otodidak. Mereka mengajarkan atau menurunkan keterampilan kepada generasi penerusnya secara lisan. Bahkan ada guru musik di sekolah yang tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang baca tulis notasi, juga mengajarkan musiknya secara lisan.

Notasi musik daerah yang memiliki peranan cukup penting di dalam proses belajar mengajar dan sebagai media untuk mendokumentasikan karya dalam bentuk tulisan, di Indonesia baru diciptakan sekitar tahun 1920-an. Namun demikian sampai saat ini notasi-notasi musik daerah yang ada belum benar-benar dipahami khususnya oleh para seniman alam yang ada di daerah. Tetapi pada beberapa sekolah kejuruan musik dan perguruan tinggi musik, masalah notasi menjadi salah satu bahasan yang dianggap cukup penting.

Pentingnya Musik Dalam Kehidupan Setiap Suku Bangsa di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

0 komentar:

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com