Notasi Musik Merupakan Bahasa Yang Digunakan Untuk Berkomunikasi

Seperti halnya factor bahasa, di Indonesia ini terdapat banyak sekali bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakatnya. Setiap daerah dapat dipastikan memiliki bahasa yang berbeda dengan daerah-daerah lainnya, dan bahasa daerah tersebut biasanya hanya dapat dimengerti dan dipahami oleh masyarakat yang hidup di daerah tersebut. Dengan demikian bahwa di Indonesia yang merupakan negara multi kultur ini banyak alternatif bahasa yang dapat dijadikan sebagai media komunikasi baik lisan maupun tulis. Begitu pula halnya dengan masalah notasi dalam bidang musik. Notasi musik merupakan bahasa baik lisan maupun tulis yang digunakan untuk berkomunikasi. Dengan menggunakan notasi orang dapat menyampaikan musik yang diciptakannya dan dengan notasi pula orang dapat membaca dan mempelajari musik-musik yang diciptakan oleh orang lain. Itulah gambaran mengapa notasi musik dianggap penting dalam dunia musik.

Notasi Musik Merupakan Bahasa Yang Digunakan Untuk Berkomunikasi

Apabila di dalam bidang bahasa terdapat huruf dan angka-angka yang biasa digunakan untuk media baca tulis, maka di dalam bidang musik pun sama. Hanya saja lambang-lambang yang digunakan sebagai notasi dalam bidang musik, tidak memiliki kesamaan antara musik yang satu dengan lainnya. Ada yang menggunakan lambang-lambang huruf tertentu, gambar, dan adapula yang menggunakan angka. Notasi ada yang sifatnya pribadi dan adapula yang umum. Notasi yang sifatnya pribadi adalah notasi yang hanya mampu dibaca oleh pribadi sipembuat notasi tersebut, sedangkan notasi yang bersifat umum adalah notasi yang dapat dibaca oleh masyarakat pada umumnya. Bagi orang yang ingin mempelajari musik dengan baik, notasi memiliki peranan yang sangat penting, salah satu manfaatnya adalah bahwa dengan menguasai baca tulis notasi, maka karya-karya para seniman terdahulu akan dapat kita baca dan kita pelajari baik untuk dimainkan kembali maupun hanya sebatas mengetahui tentang karya tersebut. 

Di dalam khasanah musik daerah di Indonesia juga terdapat beberapa bentuk dan nama notasi yang biasa digunakan. Bentuk dan nama notasi serta lambang-lambangnya yang terdapat pada setiap daerah memiliki perbedaan antara daerah yang satu dengan lainnya. Di Bali terdapat notasi Ding dong, di Jawa digunakan notasi Kepatihan, dan di Sunda dikenal dengan notasi Da-mi-na, begitu pula di daerah lain pasti memiliki notasi musik yang berbeda dengan daerah lainnya. Pada dasarnya notasi apa pun dengan menggunakan lambang apa pun di dalam sebuah musik, tidak akan berpengaruh apa-apa, karena notasi musik hanyalah sebuah media Bantu baik untuk membaca, menulis, dan sebagainya.

Artikel Keanekaragaman Musik Daerah Lainnya :

Notasi Musik Merupakan Bahasa Yang Digunakan Untuk Berkomunikasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

0 komentar:

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com