Istilah Tangga Nada Dalam Musik Tradisional Karawitan

Dalam khasanah musik tradisional maupun non tradisional dikenal istilah tangganada. Tangganada adalah merupakan hasil dari perpaduan atau susunan nada-nada. Bentuk tangganada antara musik yang satu dengan musik lainnya, tentu saja memiliki perbedaan dan persamaannya. Dalam khasanah musik tradisional Sunda (karawitan), untuk menyebut istilah tangganada digunakan kata laras. Pada kalangan seniman sunda untuk menyebut tangganada tidak pernah digunakan istilah tangganada, tetapi menggunakan kata laras. Hali itu tidak saja bagi seniman-seniman alam yang ada di daerah, tetapi juga seniman-seniman lulusan perguruan tinggi seni. 
Istilah Tangga Nada Dalam Musik Tradisional Karawitan

Pada dasarnya baik istilah tangganada maupun laras, keduanya memiliki pengertian yang sama. Hanya saja secara spesifik istilah tangganada biasanya hanya digunakan untuk menyebut musik barat, sedangkan istilah laras hanya digunakan untuk menyebut musik daerah. Istilah laras tidak hanya digunakan di Jawa Barat (musik Sunda), tetapi juga di daerah-daerah lain, seperti; Jawa, Padang Panjang, dan Bali. Namun demikian untuk kepentingan pembelajaran ini, kedua istilah tersebut, baik tangganada maupun laras memiliki arti yang sama. 

Di dalam pembelajaran musik daerah, pemahaman dan keterampilan dalam bidang laras mutlak diperlukan. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa jika seseorang ungin mempelajari musik daerah Sunda dengan baik, maka langkah pertama yang harus dikuasai adalah pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan tentang laras musik yang akan dipelajarinya. Orang yang belajar tentang laras, tidak hanya harus memahami teori-teori laras, tetapi juga harus terampil dalam membaca dan mereproduksi berbagai laras yang dipelajari, khususnya yang ada pada musik daerah Sunda.

Istilah Tangga Nada Dalam Musik Tradisional Karawitan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

0 komentar:

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com