Penjelasan Detail Tentang Laras Salendro Beserta Contoh

Laras yang terdapat pada musik daerah Sunda cukup beraneka ragam, yaitu ada Salendro, Pelog, Degung, Mataraman, dan Madenda. Semuanya banyak digunakan baik dalam khasanah musik vokal maupun instrumen-instrumen pada musik Sunda. Setiap laras yang terdapat pada musik daerah Sunda memiliki spesifikasi yang berbeda, tidak saja dalam hal frekuensi setiap nada yang terdapat di dalamnya, tetapi juga interval-interval antara nada yang satu ke nada lainnya. 

Untuk mendapatkan gambaran secara detail tentang masing-masing laras yang terdapat pada khasanah musik daerah Sunda, di bawah ini kami uraikan satu per satu laras-laras yang biasa digunakan pada musik daerah Sunda. 

Laras Salendro 

Laras Salendro oleh para seniman Sunda dianggap sebagai laras yang paling tua dibandingkan dengan laras-laras lainnya yang terdapat pada musik daerah Sunda. Selain itu, laras Salendro ini juga dianggap sebagai laras yang paling sulit untuk dipelajari dibandingkan dengan degung madenda maupun yang lainnya. 

Dalam setiap satu gembyang (istilah oktaf dalam musik Sunda) laras Salendro terdiri dari lima susunan nada. Jarak antara nada yang satu dengan nada lainnya hampir sama, sehingga laras Salendro ini biasa disebut dengan Salendro Padantara. Kata pada berasal dari bahasa Jawa yang artinya sama. Sedangkan kata antara diartikan sebagai jarak antara nada yang satu dengan nada terdekat berikutnya. Jadi yang dimaksud dengan padantara pada laras Salendro, artinya bahwa laras Salendro tersebut memiliki jarak interval yang sama. Tangganada ini dapat digambarkan seperti berikut. 
Jika kita perhatikan secara cermat, maka jarak antara nada yang satu ke nada berikutnya terdapat dua titik. Setiap titik yang terdapat pada laras Salendro tersebut di atas terdapat nada-nada yang tidak ditulis dan tidak dibunyikan. Sedangkan jarak antara titik yang satu ke titik berikutnya atau ke nada berikutnya adalah 80 cen. Perhatikan gambar berikut di bawah ini. 

Nada-nada yang tidak dapat digambarkan tersebut dapat anda temukan pada laras-laras lain dalam musik daerah Sunda. 

Contoh. Lagu dalam laras Salendro 

BALAP LUMPAT 

Laras : Salendro Gerakan : Gumbira 
Surupan : 1 = Tugu Sanggian : Mang Koko 

Contoh. Lagu dalam laras Salendro
Lumpat tarik meakeun kabeh tanaga 
Embung kasor, haying dating paheula-heula 
Lumpat tarik, tung-tungna lempoh 
Silih susul, ambekan hah-heh-hoh 
Nincak kalang pameunangan 
Surakna ayeuh-ayeuhan 

KOPERASI 

Laras : Salendro Gerakan : Sedeng

a. hiji sarat keur kamajuan 
Sauyunan jeung babaturan 
Samiuk saati nyieun koperasi 
Dicumponan ku nyengcelengan 
Koperasi rik-rik gemi 
Perbawa resep apik kana rijki 
Nyengcelengan unggal bulan 
Jeujeuh pakeun perlu jadi pangajaran 

b. Ngeureut miceun dipitumenen 
Nyengcelengan mayeng leukeunan 
Laku bibilintik sautak-saeutik 
Reug-reug pageuh boga simpenan 
Koperasi pambrih mukti 
Mangpaatna nambah kekel ekonomi 
Ra’yat sehat nagri kuat 
Indonesia pinasti unggah darajat.

Penjelasan Detail Tentang Laras Salendro Beserta Contoh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

0 komentar:

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com