Penjelasan Tentang Apakah Yang Dimaksud Dengan Notasi

Notasi adalah alat yang digunakan membaca, menulis, dan belajar mengajar dalam bidang musik. Kita tidak bisa membaca karya-karya para seniman jaman dahulu, terutama jaman kerajaan-kerajaan di Indonesia, karena pada saat itu notasi musik daerah belum diciptakan, dan lagi pada saat itu masyarakat kita juga belum mengenal notasi lainnya. Sehingga karya-karya musik pada jaman itu menjadi hilang dan tidak bisa dipelajari kembali oleh para penerusnya.

Penjelasan Tentang Apakah Yang Dimaksud Dengan Notasi

Lambang-lambang yang digunakan untuk pembuatan notasi musik ternyata berbeda antara notasi musik yang satu dengan yang lainnya. Ada yang hanya menggunakan huruf-huruf tertentu, dengan menggunakan angka 1 sampai dengan 7, angka 1 sampai dengan 5, dan bahkan ada yang menggunakan lambing yang terbuat dari symbol-simbol tertentu. Itu semua adalah media yang bisa digunakan untuk menulis, membaca, dan bahkan sebagai media komunikasi, yaitu mengkomunikasikan tentang karya yang dibuat oleh seniman kepada para penggarapnya. 

Bagi para guru musik di sekolah, notasi memiliki peranan yang sangat penting terutama sebagai media di dalam mengajarkan musik yang akan disampaiakannya. Sedangkan bagi guru musik itu sendiri, notasi dapat dijadikan sebagai media untuk menggali bahan ajar yang akan disampaikan kepada para siswanya di sekolah.

Penjelasan Tentang Apakah Yang Dimaksud Dengan Notasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

0 komentar:

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com