Peristiwa G30S PKI 1965 | Biasa Membaca -->

Peristiwa G30S PKI 1965

Peristiwa Gerakan 30 September 1965 yang lebih dikenal dengan singkatan G30S/PKI menandai berakhirnya pemerintahan Demokrasi Terpimpin, serta berakhirnya pula pergolakan politik dan hankam di berbagai daerah. Hal yang memunculkan suatu pemerintahan rezim Orde Baru yang mampu menyelenggarakan stabilitas nasional ke arah terciptanya integrasi bangsa melalui otoritas yang besar atas semua komponen bangsa. 

Peristiwa G30S PKI 1965

Benturan sosial antara kelompok yang dianggap mendukung G30S/PKI dan kelompok pendukung pemerintahan yang baru terjadi mewarnai masa pergantian rezim pada saat itu. Diperkirakan sebagai akibat konflik horisontal tsb, jatuh ratusan ribu korban jiwa. Bagi pemerintahan ORBA, peristiwa G30S/PKI tersebut merupakan suatu usaha kudeta PKI terhadap pemerintahan RI yang sah. Hal itu didukung oleh suatu kenyataan bahwa PKI merupakan suatu partai kuat dan berpengaruh pada masa pemerintahan Demokrasi Terpimpin di bawah Presiden Soekarno. Namun demikian kejelasan tentang aktor intelektual yang mendalangi peristiwa G30S/PKI itu sendiri merupakan masalah kontroversi yang juga memunculkan banyak versi, serta masing-masing didukung oleh bukti dan fakta yang relatif obyektif.
Materi Demokrasi Liberal Lainnya : 

Peristiwa G30S PKI 1965 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com