Mengenal Lebih Dalam Musik Instrumental

Jika pada bahan ajar sebelumnya telah dijelaskan tentang jenis musik yang hanya menggunakan unsur vokal sebagai satu-satunya instrumen yang digunakan, pada bagian ini Anda akan mempelajari ragam jenis musik lain yang menggunakan instrumen lainnya selain vokal. Hal ini perlu anda pelajari, selain sebagai salah satu pengetahuan tambahan, tetapi juga dapat dijadikan bahan dan media ajar di sekolah-sekolah.
Mengenal Lebih Dalam Musik Instrumental

Di dalam musik, vokal bukanlah satu-satunya instrumen yang banyak digunakan, tetapi masih sangat banyak instrumen-instrumen lain yang juga biasa digunakan di dalam penyajian sebuah karya musik baik tradisional maupun nontradisional. Hal itu dapat dimaklumi karena musik menggunakan bunyi sebagai medianya. Sedangkan bunyi adalah suara yang dihasilkan dari pengolahan instrumen musik.

Berbicara tentang instrumen musik yang biasa digunakan di dalam sebuah penyajian karya musik, ternyata instrumen-instrumen musik tersebut jumlahnya sangat banyak, yaitu dari mulai dari bentuknya yang sederhana sampai dengan yang rumit, dari mulai yang sangat kecil ukurannya sampai dengan yang besar, dan dari yang alami hingga yang moderen. Sebagai contoh ada musik yang hanya menggunakan batu sebagai medianya, ada yang menggunakan barang-barang bekas, seperti drum, kaleng bekas, dan sebagainya, dan adapula yang menggunakan alat-alat yang dibuat secara moderen. Jadi dengan kata lain dijelaskan bahwa alat apa pun yang ada di sekitar kita yang bersuara dapat dijadikan sebagai instrumen musik.

Jika pada paparan di atas dikemukakan bahwa musik yang di dalam penyajiannya hanya menggunakan media vokal, disebut musik vokal, maka musik yang di dalam penyajiannya hanya menggunakan media instrumen selain vokal disebut musik instrumental. Artinya bahwa di dalam penyajian musik instrumental ini, baik melodi maupun pengiringnya benar-benar hanya dilakukan dengan menggunakan bunyi yang dihasilkan dari instrumen musik selain vokal.

Seperti halnya musik vokal, jenis musik instrumental pun banyak berkembang di berbagai daerah di Indonesia. Instrumen yang digunakan sangat beraneka ragam, antara lain; Rabab, Saluang, Angklung, reog, Suling, nge-ngek (rebab), Jentreng, Celempung, Kendang, gamelan, dan sebagainya. Setiap daerah yang ada di negeri ini pasti memiliki kekayaan musik instrumental yang berbeda. Hal itu menunjukkan betapa kaya negeri ini dengan berbagai musik instrumental daerah.

Mengenal Lebih Dalam Musik Instrumental Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

0 komentar:

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com