Penjelasan Sekar Irama Merdika Beserta Contoh

Sekar irama merdika adalah musik vokal yang biasa disajikan dengan tempo bebas yang di dalam khasanah musik tradisional Jawa Barat (karawitan) biasa disebut dengan istilah Tembang Sunda.Istilah Tembang Sunda pada masyarakat Jawa Barat diidentikan dengan Cianjuran.Hal itu perlu diluruskan agar tidak terjadi kesalahpahaman di dalam memaknai istilah yang digunakan tersebut.

Berkaitan dengan penggunaan istilah Tembang Sunda di dalam khasanah musik daerah (karawitan) Jawa Barat, maka pada tahun 1962 telah diadakan musyawarah Tembang Sunda di Bandung. Musyawarah tersebut dilakukan selama dua hari dengan diikuti oleh sejumlah tokoh seni Tembang Sunda Cianjuran se-Jawa Barat. Salah satu keputusannya adalah : “Netepkeun Istilah Tembang Sunda pikeun sakabeh Tembang nu aya di Pasundan”. (Wiraatmadja, 1996:48).Jadi yang dimaksud dengan istilah Tembang Sunda adalah istilah yang digunakan untuk menyebut semua jenis musik vokal di Jawa Barat (Sunda) yang tergolong kepada sekar irama merdika.

Berdasarkan kepada keputusan yang dibuat oleh para seniman Tembang Sunda pada musyawarah tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa semua jenis musik vokal yang tergolong kepada sekar irama merdika disebut Tembang Sunda. Sedangkan menurut Soepandi dalam Sulastri (1981:13) mengatakan bahwa “Tembang adalah sekar yang berembat bebas, dalam istilah lain disebut ritmis melodis atau polymetrashchematika”. Adapun yang termasuk kepada kelompok Tembang Sunda tersebut, antara lain; Cianjuran, Cigawiran, Ciawian, Beluk, Ngaleu, Kakawen, Kepesindenan, dan sebagainya. Beberapa jenis musik vokal Tembang Sunda seperti disebutkan di atas, namanya diambil dari nama daerah di mana musik vokal tersebut berasal, misalnya; Tembang Sunda Cianjuran adalah jenis musik vokal irama merdika (Tembang Sunda) yang berasal dari daerah Cianjur; Cigawiran adalah Tembang Sunda yang tumbyh dan lahir dari daerah Cigawir; Ciawian adalah Tembang Sunda yang tumbuh dari daerah Ciawi Tasikmalaya. Begitupula jenis-jenis Tembang Sunda yang lainnya di Jawa Barat.

Dari sekian banyak musik vokal Tembang Sunda yang ada di Jawa Barat, Tembang Sunda Cianjuran lebih populer dan lebih banyak dipelajari oleh masyarakat di luar di mana musik tersebut berasal.Hingga saat sekarang ini hampir di seluruh daerah Jawa Barat berdiri grup-grup musik Tembang Sunda Cianjuran.Sedangkan jenis Tembang Sunda yang lainnya relatif kurang diminati oleh masyarakat di luar pemiliknya.

Jenis Tembang Sunda yang sangat dikenal oleh masyarakat di Jawa Barat sebenarnya ada tiga jenis, yaitu; Cianjuran, Ciawian, dan Cianjuran.Ciri khas dari setiap jenis Tembang Sunda tersebut terletak pada melodi hiasan lagu yang dinyanyikan. Sebagai contoh, lagu Goyong pada Tembang Sunda Cigawiran berbeda dengan lagu Goyong pada Tembang Sunda Cianjuran; Sinom Pangrawit pada Tembang Sunda Ciawian berbeda dengan lagu Sinom Pangrawit pada Cianjuran, begitu pula dengan lagu-lagu yang lainnya.

Pada Tembang Sunda Cianjuran, Ciawian, dan Cigawiran terdapat salah satu aturan bahwa syair (Sunda = rumpaka) yang digunakan dalam menciptakan lagu harus berpedoman kepada guru lagu dan guru wilangan yang terdapat pada pupuh. Guru lagu adalah huruf vokal yang terdapat pada kata terakhir dalam setiap barisnya. Sedangkan Guru wilangan adalah jumlah suku kata pada setiap baris syair tersebut. Sebagai contoh perhatikan syair berikut di bawah ini.
Penjelasan Sekar Irama Merdika Beserta Contoh
Dari tabel tersebut di atas dapat kita simpulkan bahwa sebuah lagu Tembang Sunda memiliki pola pupuh Kinanti, maka syair/rumpaka yang dibuatnya harus berpatokan kepada guru lagu dan guru wilangan di atas, yaitu; 8u, 8i, 8a, 8i, 8a, dan 8i. Untuk mendapatkan kepastian tentang guru lagu dan guru wilangan pupuh lainnya, cobalah lakukan analisis seperti tersebut di atas. 

Contoh Sekar Irama merdika dalam bentuk Pupuh


Penjelasan Sekar Irama Merdika Beserta Contoh

Penjelasan Sekar Irama Merdika Beserta Contoh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

0 komentar:

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com