Penjelasan Dari Musik Vokal

Bagi manusia mulut adalah merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, tidak saja untuk mencerna makanan, tetapi juga untuk kepentingan lainnya di dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Barangkali tidak ada satu manusia pun yang dapat bertahan hidup tanpa memiliki rongga mulut, karena mulut merupakan organ tubuh yang sangat vital di kehidupan manusia.

Penjelasan Dari Musik Vokal
Penjelasan Dari Musik Vokal
Di dalam rongga mulut terdapat pita suara yang dapat menghasilkan getaran suara atau bunyi. Karena pita suara yang dimiliki itulah perkataan kita dapat di dengar oleh orang lain. Oleh karena itu, kita harus menjaga pita suara agar jangan sampai rusak, karena kerusakan pita suara akan sangat patal akibatnya terhadap produksi suara mulut kita.

Di dalam dunia musik, vokal yang dihasilkan dari suara manusia adalah merupakan salah satu instrumen musik yang sangat penting. Vokal juga merupakan instrumen yang banyak digunakan di dalam khasanah musik manapun di dunia ini. Oleh karena itu, keindahan unsur vokal di dalam sebuah komposisi musik terkadang dijadikan ukuran di dalam menilai sebuah karya musik.

Setiap manusia memiliki kualitas vokal yang berbeda termasuk di dalam menyanyikan sebuah lagu. Kualitas vokal seseorang di dalam musik lebih banyak ditentukan oleh karena factor bakat yang dibawanya sejak lahir. Namun demikian faktor bakat tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya pengolahan yang baik pula.

Seniman musik daerah jaman dahulu yang memiliki kemampuan vokal yang sangat baik terutama dalam menyanyikan lagu-lagu musik daerah, memiliki populeritas yang sangat tinggi, bahkan memiliki penggemar panatik yang sangat banyak. Di mana pun dia melakukan pertunjukan, di situ pula penggemarnya ada untuk menyaksikan pertunjukan hingga selesai.

Berkaitan dengan pembahasan masalah vokal tersebut di atas, pada kesempatan ini kami sampaikan beberapa hal penting tentang musik vokal yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat.Untuk lebih jelasnya pelajarilah uraian materi di bawah ini dengan baik, agar Anda benar-benar memahami tentang.

Musik vokal adalah musik yang di dalam penyajiannya tidak menggunakan instrumen lain selain vokal. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa musik vokal adalah musik yang dibuat dengan hanya menggunakan instrumen vokal sebagai medianya. Jenis musik vokal seperti tersebut banyak berkembang di berbagai daerah di Indonesia, dan keberadaannya di tengah-tengah masyarakat dikarenakan sampai saat ini masih memiliki fungsi penting bagi masyarakat pemilik musik tersebut masing-masing.

Berbicara tentang jenis musik vokal daerah dan fungsinya bagi masyarakat, di Jawa Barat musik vokal ini tidak saja digunakan sebagai media hiburan, tetapi juga digunakan sebagai media ritual. Seni Beluk yang berkembang di beberapa daerah di Jawa Barat seperti Purwakarta, Bandung, dan Sumedang, tidak saja disajikan sebagai hiburan bagi masyarakatnya, tetapi juga sebagai media ritual seperti; ruatan rumah baru, selamatan 40 hari bayi yang baru dilahirkan, dan sebagainya. Di daerah agraris seperti Sumedang, Ciamis, Bandung, Purwakarta, dan Garut terdapat musik vokal yang disebut Ngaleu yang dinyanyikan oleh pembajak tanah sambil melakukan pekerjaannya.Di daerah Cigawir Kabupaten Garut terdapat musik vokal yang dikenal dengan sebutan Cigawiran.Musik ini tidak saja sebagai media hiburan bagi para santri yang ada di daerah tersebut, tetapi juga sebagai media ritual bagi orang yang ditinggal mati oleh keluarganya. Tentu saja masih cukup banyak musik vokal lainnya yang hingga saat ini masih berkembang di berbagai daerah.

Di dalam khasanah musik tradisional daerah Jawa Barat atau biasa dikenal dengan istilah Karawitan, istilah yang digunakan untuk menyebut musik vokal biasanya digunakan kata Sekar.Oleh karena itulah para penyanyi musik tradisional di Jawa Barat biasanya disebut Juru Sekar. Musik vokal (sekar) yang berkembang di Jawa Barat terbagi menjadi dua bagian, yaitu jenis Sekar Tandak dan Sekar Irama Merdika.
Materi Jenis-jenis Musik Daerah lainnya : 

Penjelasan Dari Musik Vokal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

1 komentar:

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com