Apakah Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli | Biasa Membaca -->

Apakah Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Wirausaha yang asal katanya adalah terjemahan dari entrepreneur. Istilah wirausaha ini berasal dari entrepreneur (bahasa Perancis) yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan arti between taker atau go-between. (Buchari Alma,2002:19).Pengertian go-between atau perantara yang dimaksud dalam istilah bahasa Perancis entrepreneur adalah pada saat Macropolo yang mencoba merintis jalur pelayaran dagang ke timur jauh. Dia setuju menandatangani kontrak untuk menjual barang dari seorang pengusaha. Kontrak ini memberi pinjamaan dagang kepada Macropolo dengan bagian keuntungan sebesar 22,5% termasuk asuransi.


Pemilik modal tidak menanggung rasiko apa-apa sedangkan si pedagang yang berlayar menanggung risiko besar. Pada saat pelayaran tiba di tujuan dan barang dagangan dijual maka si pemilik modal menerima keuntungan lebih dari 75% sedangkan sipedagang menerima keuntungan lebih kecil. Peter F.Drucker(1996) Wirausaha adalah individu yang selalu mencari perubahan, menanggapinya, memanfaatkannya sebagai peluang. Dan Schumpeter dalam Bygrave (1996) wirausaha adalah individu yang memperoleh dan menciptakan organisasi untuk mengejarnya.

Pada abad pertengahan istilah intrepreneur digunakan untuk menggambarkan seorang aktor sebagai orang yang memimpin proyek produksi.Orang ini tidak menangung risiko akan tetapi memimpin proyek menyediakan sumber-sumber yang diperlukan. Bentuk entrepreneurpada abad pertengahan ini bentuk clerical yaitu orang yang bertanggung jawab dalam pekerjaan arsitekseperti untuk pekerjaan bangunan istana dan sebagainya.Pada abad ke 17 istilah entrepreneur digambarkan sebagai orang yang melakukan kontrak pekerjaan dengan pemerintah untuk memasok produk tertentu. Kontrak ini memakai harga tetap keuntungan atau kerugian yang diperoleh dari pekerjaan ini adalah merupakan imbalan dari kegiatan wirausaha.





Dalam definisi ini ditekankan bahwa seorang wirausaha adalah orang yang melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut. Pengertian wirausaha disini menekankan pada setiap orang memulai sesuatu bisnis yang baru. Sedangkan proses kewirausahaan meliputi semua kegiatan fungsi dan tindakan untuk mengejar dan memanfaatkan peluang dengan menciptakan suatu organisasi.Melihat uraian di atas, dan juga dalam berbagai tulisan/literatur tampak adanya pemakaian istilah saling bergantian antara wiraswasta dan wirausaha.

Ada pandangan yang menyatakan bahwa wiraswasta sebagai pengganti dari istilah entrepreneur. Ada juga pandangan untuk istilah entrepreneur digunakan wirausaha, sedangkan untuk istilah entrepeneurship digunakan istilah kewirausahaan. Kesimpulannya ialah istilah wiraswasta sama saja dengan wirausaha., walaupun rumusannya berbeda-beda tetapi isi dan karakteristiknya sama.

Menurut Savary, yang dimaksud dengan ‘entrepreneur’ ialah orang yang membeli barang dengan harga pasti, meskipun orang itu belum tahu dengan harga berapakah barang itu akan dijual kemudian.Sebagai contoh, di Amerika sendiri istilah entrepreneur memberikan gambaran atau image yang berbeda-beda.

Misalnya dalam suatu kepustakaan yang dimaksud entrepreneur atau ‘entreprising man’ ialah orang yang :
1. Mengambil risiko
2. Berani menghadapi ketidak pastian
3. Membuat rencana kegiatan sendiri
4. Dengan semangat kebangsaan melakukan kebaktian dalam tugas

Menciptakan kegiatan usaha dan kegiatan industri yang sebelumnya tidak ada.

Selanjutnya : Tipe-tipe Wirausaha

Apakah Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com