Wirausaha Sukses | Biasa Membaca -->

Wirausaha Sukses

Murphy dan Peck (1980:8) menggambarkan delapan anak tangga untuk pencapaian menuju wirausaha sukses. Delapan anak tangga ini dapat pula digunakan oleh seorang wirausaha dalam mengembangkan profesinya.
Wirausaha Sukses

1. Menuju Wirausaha Sukses

a. Mau Kerja Keras (Capacity for Hard Work)

Kerja keras merupakan modal dasar untuk keberhasilan seseorang. Rasulullah sangat marah melihat orang pemalas dan suka berpangku tangan. Bahkan, beliau secara simbolik memberi hadiah kampak dan tali kepada seorang pria agar mau bekerja keras mencari kayu dan menjual ke pasar.Demikian pula apabila mau berusaha, mulailah berusaha sejak subuh. Cepatlah bangun dan mulailah kegiatan untuk hari itu. Akhirnya pria itu sukses dalam hidupnya.

Demikian setiap pengusaha yang sukses selalu menempuh saat-saat ia harus bekerja keras membanting tulang dalam merintis perusahaannya. Seorang pengusaha taksi mungkin tadinya ia hanya seorang sopir angkutan umum, seorang pengusaha tekstil mungkin tadinya seorang pedagang kredit tekstil atau tukang jahit, dan banyak contoh yang dapat kita jumpai dalam riwayat hidup pengusaha sukses.

Sikap kerja keras harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Dalam hal ini, unsur disiplin memainkan peranan penting. Sebab, bagaimana orang mau bekerja keras apabila disiplin tidak ada. Dia harus mengatur waktu, sesuai irama kehidupan, bangun pagi, siap-siapuntuk kerja, mulai bekerja, istirahat (tidak terlalu lama), dan seterusnya sampai larut malam. Ada satu elemen penting dalam keberhasilan kerja keras, yaitu berserah diri kepada Allah Swt. Dengan selalu berdoa kepada-Nya. Insya Allah kerja keras yang diiringi dengan doa akan memperoleh sukses.

b. Bekerja dengan Orang Lain (Getting Things Done With and Through People)

Perbanyaklah teman dengan orang-orang di bawah ataupun dengan orang-orang di atas kita. Murah hati, banyak senyum kepada bawahan dan patuh serta disiplin menghadapi atasan dan hindarkan permusuhan. Dengan menggunakan tenaga orang lain, maka tujuan mudah tercapai. Inilah yang disebut “manajemen“ yaitu ilmu atau seni menggunakan tenaga orang lain untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Seorang wirausahawan mudah bergaul, disenangi oleh masyarakat . Dia tidak suka fitnah, sok hebat, arogan, tidak suka menyikut, menggunting dalam lipatan, menohok kawan seiring, dan sebagainya. Dia harus berprilaku yang menyenangkan bagi semua orang, sehingga memudahkan bekerja sama dalam mencapai keberhasilan.

c. Penampilan yang baik (Good Appeareance)

Ini bukan berarti penampilan body face / muka yang elok atau paras cantik. Akan tetapi lebih ditekankan pada penampilan perilaku jujur, disiplin. Banyak orang tertipu dengan rupa nan elok tetapi ternyata orangnya penipu ulung. Ingatlah, pribadi yang baik dan jujur akan disenangi orang di mana-mana dan akan sukses bekerja sama dengan siapa saja.

(baca juga : Cara Untuk Menjadi Wirausaha Sukses)

Seorang lulusan sekolah menengah atau alumni sebuah perguruan tinggi melamar dan diterima bekerja di sebuah perusahaan. Dia berpenampilan baik seperti diceritakan di atas, maka dengan cepat ia naik pangkat menduduki posisi kunci dalam perusahaan tersebut. Berkat naluri wirausahanya ia bisa menabung dari penghasilannya tiap bulan, kemudian mencari peluang-peluang usaha lain. Setelah modal tabungan dirasa cukup maka ia dapat menjelma menjadi wirausahawan sukses. Peluang usahanya wirausahanya bisa dalam bentuk mensuplai komoditi yang diperlukan oleh bekas perusahaan tempat ia semula bekerja atau merintis wirausaha dalam jenis komoditi yang sama di kota yang sama atau dipindahkan ke kota lain.

d. Yakin (Self Confidence)

Kita harus memiliki keyakinan diri bahwa kita akan sukses melakukan suatu usaha, jangan ragu dan bimbang. Niatlah bekerja baik, kemudian berserah diri, tawakal kepada Allah swt.Self confidence ini diimplementasikan dalam tindakan sehari-hari melangkah pasti, tekun, sabar , tidak ragu-ragu. Setiap hari otaknya selalu berputar membuat rencana dan perhitungan-perhitungan alternatif. Dia bisa saja menguji buah pikirannya dengan teman-teman lain, baik yang pro maupun yang kontra dengan rencananya.

e. Pandai Membuat Keputusan (Making Sound Decision)

Jika anda dihadapkan pada alternatif, harus memilih, maka buatlah pertimbangan yang matang. Kumpulkan berbagai informasi ,boleh minta pendapat orang lain, setelah itu ambil keputusan , jangan ragu-ragu.Dengan berbagai alternatif yang ada dalam pikirannya ia akan dapat mengambil keputusan terbaik.

f. Mau Menambah Ilmu Pengetahuan (College Education)

Zaman sekarang pendidikan adalah nomor satu. Tenaga tak terdidik harganya murah sekali. Sebaiknya orang terdidik, memiliki ilmu dan keterampilan akan dibayar mahal. Benarlah Rasulullah yang mewajibkan semua Muslim menuntut ilmu dari ayunan sampai ke liang kubur. Pendidikan ini bukan berarti harus masuk perguruan tinggi, melainkan pendidikan dalam bentuk kursus- kursus, penataran di kantor, membaca buku, dan sebagainya.

Pendidikan college dalam bentuk diploma akan sangat membantu seseorang menemukan dan mengembangkan jiwa serta operasional wirausaha. Akan tetapi, hal yang penting di sini ialah adanya tambahan pengetahuan.

g. Ambisi Untuk Maju (Ambition Drive)

Kita jangan loyo, pasrah menyerah tak mau berjuang. Kita harus punya semangat tinggi, mau berjuang untuk maju. Orang-orang yang gigih dalam menghadapi pekerjaan dan tantangan, biasanya banyak berhasil dalam kehidupan. Apapun jenis pekerjaan yang dilakukan, profesi apapun yang dihadapi, kita harus mampu melihat ke depan dan berjuang untuk menggapai apa yang diidam- idamkan.

h. Pandai Berkomunikasi (Abilitiy to Communicate)

Pandai berkomunikasi berarti pandai mengorganisasi buah pikiran ke dalam bentuk ucapan-ucapan yang jelas, menggunakan tutur kata yang enak di dengan, mampu menarik perhatian orang lain. Komunikasi baik , diikuti dengan perilaku jujur, konsisten dalam pembicaraan akan sangat membantu seseorang dalam mengembangkan karir masa depannya. Akhirnya dengan keterampilan berkomunikasi itu seseorang dapat mencapai puncak karir, meraih kursi empuk yang menjadi idaman setiap orang.

2. Karakteristik Wirausaha Yang Sukses.


  1. Memiliki komitmen tinggi terhadap tugasnya. Boleh dikata setiap saat pikiran tidak lepas dari perusahaannya.
  2. Mau bertanggung jawab. Apa saja tindakan yang ia lakukan, selalu diikuti dengan penuh rasa tanggung jawab ia tidak takut rugi.
  3. Keingingan bertanggung jawab ini erat hubungannya dengan mempertahankan internal locus or control yaitu minat kewirausahaan dalam dirinya.
  4. Peluang untuk mencapai obsesi. Seorang wirausaha mempunyai obsesi mencapai prestasi tinggi dan ini bisa diciptakannya.
  5. Toleransi menghadapi risiko kebimbangan dan ketidakpastian.
  6. Yakin pada dirinya.
  7. Kreatif dan fleksibel.
  8. Ingin memperoleh balikan segera. Dia mempunyai keinginan yang kuat untuk menggunakan pengetahuan dan pengalaman guna memperbaiki penampilannya.
  9. Enerjik tinggi. Seorang wirausaha lebih enerjik dibandingakn rata-rata orang lain.
  10. Motivasi untuk lebih unggul. Seoarang wirausaha mempunyai motivasi untuk bekerja lebih baik dan lebih unggul dari apa yang sudah dikerjakan.
  11. Berorientasi kemasa depan.
  12. Mau belajar dari kegagalan. Seorang wirausaha tidak takut gagal, dia memusatkan perhatiannya pada kesuksesan di masa depan dan menggunakan kegagalan ini sebagai guru yang berharga.
  13. Kemampuan memimpin. Seorang wirausaha harus mampu menjadi pemimpin yang baik dia memimpin sumber daya manusia yang berbagai macam karakteranya. Dan juga dia memimpin sumber daya non manusia yang harus dikelola sebaik-baiknya.

( Modifikasi dari Zimmerer & Scarborough, 1996:6)

Itulah penjelasan tentang Wirausaha Sukses semoga bermanfaat.
Baca Juga : Faktor-faktor Yang Dapat Mempengaruhi Keberhasilan Usaha

Wirausaha Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com