Tips Persiapan Menghadapi Dunia Kerja Bagi Para Pencari Pekerja Ba | Biasa Membaca -->

Tips Persiapan Menghadapi Dunia Kerja Bagi Para Pencari Pekerja Ba

ketika kita lulus kuliah kita semua harus dihadapkan dengan satu pertanyaan penting habis ini gue mau ngapain ya?? Nah gak jarang pertanyaan simple itu bikin orang hawatir dan overthinking. Karena dibalik pertanyaan itu terdapat berbagai kecemasan dan keresahan yang bisa jadi selama ini tersimpan di kepala kita. Karena jawabannya atau sedikit banyak ya akan nentuin sebenarnya kita itu mau kemana dalam hidup dan kita tuh mau ngerjain apa sih baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Lah terus gimana dong!!
Tips Persiapan Menghadapi Dunia Kerja Bagi Para Pencari Pekerja Baru
Tips Persiapan Menghadapi Dunia Kerja Bagi Para Pencari Pekerja Baru

Disini saya bakal ngejelasin tentang tips persiapan masuk dunia kerja. Buat yang sekiranya masih bingung dengan diri kalian sendiri. Pertama-tama saya akan ngasih dulu satu pertanyaan kamu mau jadi orang yang kayak gimana sih dalam pekerjaan? Salah satu hal dasar yang mesti kamu punya buat masuk ke dunia kerja adalah kamu mesti kenal sama diri sendiri. Dengan kamu mengenal diri sendiri kamu jadi bakalan bisa mengetahui bidang kerja mana yang akan kamu ambil. Kalau tahu kamu mau jadi orang seperti apa kamu pasti juga bisa menyadari kemampuan yang kamu punya. Makanya kalau saya boleh ngasih beberapa tips buat kamu dalam menghadapi dunia kerja.

1. Mengenali diri
Tips yang pertama adalah untuk mengenali diri. Mengenali diri ini ada banyak caranya, kamu bisa coba ngerjain psychotest dari satu persen kalau bisa konsultasi sama profesional kalau bisa ikut konseling karir atau sesimpel nyatet kelebihan dan kekurangan yang kamu rasain. Kamu rasa sedang memiliki saat itu bisa ngebantu kamu untuk mengenali diri lebih dalam. Itu tips yang pertama, jadi salah satu hal dasarnya adalah kamu mesti kenal sama diri kamu sendiri. Cobalah untuk kenalan sama diri kamu sendiri. 

2. Fokus dengan perilaku yang mau dilakukan
Tips yang kedua coba Fokus sama perilaku yang mau lakuin dan coba ingat bahwa sesuatu yang kamu perjuangin itu akan kejadian kalau berusaha. Zaman sekarang banyak orang udah terbiasa sama segala sesuatu yang instan. Banyak yang mikir pengen punya jabatan atau gaji tinggi dalam waktu cepat dan kadang juga suka ngebanding bandingin orang lain yang akhirnya bikin kita overthinking. Aduh kapan ya saya dapat kerja? Kenapa dihidup saya kayaknya malang banget kalau dibandingin sama orang lain dan lain sebagainya. Intinya pikiran yang bikin overthinking. 
Nah pikiran-pikiran kita malah akan ngebuat kamu sebenarnya semakin merasa cemas jadi ya jangan lupa untuk bersabar dan fokus aja sih sama diri sendiri. Ingat bahwa semua orang tuh punya waktunya masing-masing mungkin hari ini bukan hari kamu mendapatkan panggilan interview, tapi harus punya cara untuk selalu berusaha dan mengembangkan diri kamu supaya nanti bisa dapat, supaya nanti kamu bisa lolos interview. Misalnya Coba aja evaluasi terus hal apa sih yang udah positif dan hal apa sih masih negatif. Lalu kamu coba lanjutin hal yang masih positif dan kamu kembangin lagi hal yang masih negatif. 
Pada akhirnya saya yakin kamu pasti nanti bisa. Kamu sekarang masih muda dan yang penting dialog usaha dan fokus sama perilaku dibandingkan kamu fokus sama pikiran dan terlalu terlarut dalam overthinking atau kecemasan. Mungkin beberapa Dari bingung dan cemas sama hal yang kamu sukai. Misalnya kamu suka menulis tapi Tulisan saya biasa aja. Terus misalnya kok saya ngerasa kemampuan gitu-gitu aja ya enggak ada yang jago banget dan lain sebagainya. 
Nah kalau punya pemikiran-pemikiran kayak gitu sebenarnya banyak hal yang bisa kamu lakuin tapi yang paling utama adalah coba untuk kembangin terus. Ikutlah berbagai seminar berbagai pelatihan kelas online webinar yang bakal mengasah kemampuan kamu mengenai sesuatu kemampuan kerja dan juga softskills bukanlah sesuatu yang bisa kamu pelajari dari sekolah atau kuliah aja. Bukan juga suatu bakat yang kayak gitu aja dari lahir. Tapi ini bisa kamu pelajari dari tempat-tempat lain asalkan kamu emang mau belajar. Contohnya misalnya kalau mau bekerja di penulis terus kamu ngerasa kurang jago nulis coba cari kelas nulis. Kalau emang masih ngerasa nggak bisa public speaking ikut kelas public speaking. Kalau emang ngerasa persiapan kamu dalam menghadapi dunia kerja masih minim kamu masih kurang pede sama diri kamu dan ngerasa bahwa kamu gak kenal sama diri sendiri cobalah cari sesuatu lain yang dapat merubah kamu.

Tips Persiapan Menghadapi Dunia Kerja Bagi Para Pencari Pekerja Ba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com