16 Istilah Dalam Farmakologi Yang Perlu Diketahui Beserta Penjelasannya | Biasa Membaca -->

16 Istilah Dalam Farmakologi Yang Perlu Diketahui Beserta Penjelasannya

1. Indikasi

Kata “indikasi” dalam kedokteran memiliki dua definisi yang berbeda: pertanda atau alasan. Dalam definisi yang pertama, orang dengan kondisi tertentu menampilkan indikasi atau tanda-tanda bahwa mereka harus diperlakukan dengan cara tertentu, baik dengan diberi pengobatan atau menjalani terapi tertentu seperti operasi. Gejala juga bisa menjadi indikasi penyakit dan dokter dapat menggunakan gejala sebagai metode untuk mendiagnosis penyakit.

2. Efek Samping

Efek samping adalah suatu dampak atau pengaruh yang merugikan dan tidak diinginkan, yang timbul sebagai hasil dari suatu pengobatan atau intervensi lain seperti pembedahan atau efek yang tidak diinginkan dari pengobatan seperti rambut rontok disebabkan oleh kemoterapi dan kelelahan yang disebabkan oleh terapi radiasi, dll.

3. Kontraidikasi

kontraindikasi berarti kontra-indikasi, yaitu melawan sesuatu yang diindikasikan (dianjurkan atau diperlukan). Kontraindikasi adalah situasi di mana aplikasi obat atau terapi tertentu tidak dianjurkan, karena dapat meningkatkan risiko terhadap pasien. Misalnya, ketika seseorang memiliki alergi terhadap penisilin, dia dianggap kontraindikasi untuk pemberian penisilin, karena akan memicu reaksi alergi. Kontraindikasi adalah salah satu dari fakta medis utama yang dipertimbangkan ketika memulai rencana perawatan untuk pasien. Kontraindikasi bisa bersifat absolut atau relatif.

4. Perhatian / Peringatan

Tanda peringatan selalu tercantum pada kemasan obat bebas terbatas,berupa empat persegi panjang berwarna hitam berukuran panjang 5 (lima) centimeter, lebar 2 (dua) centimeter dan memuat pemberitahuan berwarna putih ada 6 tanda peringatan di antaranya :

P No 1
Awas ! Obat Keras
Bacalah aturan memakainya


16 Istilah Dalam Farmakologi Yang Perlu Diketahui Beserta Penjelasannya

5. Interaksi Obat

Interaksi obat adalah situasi di mana suatu obat mempengaruhi aktivitas obat lain yang digunakan secara bersamaan, yaitu meningkatkan atau menurunkan efeknya, atau menghasilkan efek baru yang tidak diinginkan atau direncanakan

6. Toksisitas

Toksisitas adalah tingkat merusaknya suatu zat jika dipaparkan terhadap organisme. Toksisitas dapat mengacu pada dampak terhadap seluruh organisme, seperti hewan, bakteri, atau tumbuhan, dan efek terhadap substruktur organisme, seperti sel (sitotoksisitas) atau organ tubuh seperti hati (hepatotoksisitas).

7. Dosis

Dosis adalah takaran obat yang menimbulkan efek farmakologi (khasiat) yang tepat dan aman bila dikonsumsi oleh pasien.

8. Dosis Maksimum

Dosis maksimum adalah takaran dosis tertinggi yang masih boleh diberikan kepada pasien dan tidak menimbulkan keracunan.

9. Dosis Lazim

Dosis lazim adalah dosis yang diberikan berdasarkan petunjuk umum pengobatan yang biasa digunakan, referensinya bisa berbeda-beda, dan sifatnya tidak mengikat, selagi ukuran dosisnya diantara dosis maksimum dan dosis minimum obat.

10. Onset

Onset adalah waktu dari saat obat diberikan hingga mencapai kadar yang optimal dalam plasma dalam tubuh dan menghasilkan efek terapi. Onset sangat tergantung pada rute pemberian dan farmakokinetik obat

11. Durasi

Durasi, Durasi kerja adalah lama obat menghasilkan suatu efek terapi

12. Waktu Paruh

Waktu paruh adalah rentang waktu dimana kadar obat dalam plasma pada fase eliminasi menurun sampai setengahnya..

13. Indeks Terapi

Indeks terapi yaitu perbandingan antara ED50 dan LD50 yaitu dosis yang menghasilkan efek pada 50% dari jumlah binatang dan dosis yang mematikan 50% dari jumlah binatang, Indeks terapi merupakan ukuran keamanan untuk menentukan dosis obat

14. Profilaksis

profilaksis adalah pencegahan atau perlindungan sebelum terjadinya suatu penyakit

15. Kuratif

Kuratif (curative) : Usaha atau daya menyembuhkan suatu penyakit atau suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pengobatan yang ditujukan untuk penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit, pengendalian penyakit, atau pengendalian kecacatan agar kualitas penderita dapat terjaga seoptimal mungkin.

16. Sistemik

Sistemik adalah penyakit atau gejala yang mempengaruhi tubuh secara umum.

16 Istilah Dalam Farmakologi Yang Perlu Diketahui Beserta Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com