Penjelasan Singkat Mengenai Farmakoterapi | Biasa Membaca -->

Penjelasan Singkat Mengenai Farmakoterapi

A. Kemoterapeutika

Kemoterapi adalah obat atau zat yang berasal dari bahan kimia yang dapat memberantas dan menyembuhan penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, amoeba, fungi, protozoa, cacing dan sebagainya tanpa merusak jaringan tubuh manusia. Berdasarkan khasiatnya terhadap hama / bakteri.
Yang termasuk kelompok kemoterapi adalah :
a. Antibiotika
b. Sulfonamida
c. Anti Malaria
d. Anti Amuba
e. Anthelmetika
f. Anti Fungi
g. Anti Virus
h. Antineoplastika (Anti kanker)
i. Anti TBC
j. Anti Lepra

Penjelasan Singkat Mengenai Farmakoterapi

B. Antibiotika

Antibiotika berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata anti = lawan, bios = hidup. Adalah zat-zat yang dihasilkan oleh mikroba terutama fungi dan bakteri tanah, yang dapat menghambat pertumbuhan atau membasmi mikroba jenis lain, sedang toksisitasnya terhadap manusia relatif kecil.

Kelompok antibiotika
Antibiotika yang akan dibicarakan adalah :
a. Golongan Penisilin
b. Golongan Sefalosforin
c. Golongan Aminoglikosida
d. Golongan Kloramfenikol
e. Golongan Tetrasiklin
f. Golongan Makrolida
g. Golongan Rifampisin & Asam Fusidat
h. Golongan Lain-lain

C. Sulfonamida

Sulfonamida merupakan kelompok kemoterapi dengan rumus dasar : H2N – C6H4 – SO2NH R, adalah anti mikroba yang digunakan secara sistemis maupun topikal untuk beberapa penyakit infeksi.
Sebelum ditemukan antibiotik, sulfa merupakan kemoterapi yang utama, tetapi kemudian penggunaannya terdesak oleh antibiotik. Pertengahan tahun 1970 penemuan preparat kombinasi trimetoprim dan sulfametoksazol meningkatkan kembali penggunaan sulfonamida.

D. Antimalaria

Antimalaria adalah obat-obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit yang disebabkan oleh parasit bersel tunggal (protozoa) yang ditularkan melalui gigitan nyamuk anopheles betina yang menggigit pada malam hari denganposisi menjungkit.
Ciri-ciri penyakit malaria adalah demam berkala disertai menggigil, nyeri kepala dan nyeri otot, hati membesar sehingga timbul rasa mual dan muntah, anemia. 
Penggolongan obat antimalaria :
a. Obat-obat pencegah / profilaktik
b. Obat-obat penyembuh / pencegah demam = kurativum
c. Obat-obat pencegah kambuh
d. Obat-obat pembunuh gametosid

E. Antiamuba

Adalah obat-obat yang digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh mikro organisme bersel tunggal (protozoa) yaitu Entamoeba histolytica yang dikenal dengan dysentri amuba.

F. Anthelmetika

Anthelmetika atau obat-obat anti cacing adalah obat-obat yang dapat memusnahkan cacing parasit yang ada dalam tubuh manusia dan hewan.

G. Antifungi

Adalah obat-obat yang digunakan untuk menghilangkan infeksi yang disebabkan oleh jamur. Infeksi oleh jamur dapat terjadi pada :
  • Kulit oleh dermatofit (jamur yang hidup di atas kulit)
  • Selaput lendir mulut, bronchi, usus dan vagina oleh sejenis ragi yang disebut candida albicans.
Antibiotika berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata anti = lawan, bios = hidup. Adalah zat-zat yang dihasilkan oleh mikroba terutama fungi dan bakteri tanah, yang dapat menghambat pertumbuhan atau membasmi mikroba jenis lain, sedang toksisitasnya terhadap manusia relatif kecil.
Antibiotik terbagi dalam :
Kelompok antibiotika
1. Golongan Penisilin
2. Golongan Sefalosforin
3. Golongan Aminoglikosida
4. Golongan Kloramfenikol
5. Golongan Tetrasiklin
6. Golongan Makrolida
7. Golongan Rifampisin dan Asam Fusidat
8. Golongan Lain – Lain

Penjelasan Singkat Mengenai Farmakoterapi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com