Sejarah Obat Secara Singkat

Perkembangan ilmu farmakologi dibagi menjadi dua periode yaitu periode kuno (sebelumtahun 1700) dan periode modern pada abad 18-19. Periode ini ditandai dengan observasi empiric oleh manusia terhadap penggunaan obat. Bukit atau pencatatannya dapat dilihat di Materia Medika yang disusun oleh Dioscorides (Pedanius). Padaperiode modern mulai dilakukan penelitian eksperimental tentang nasib obat, tempat dan cara kerja obat, pada tingkat organ dan jaringan.
Sejarah Obat Secara Singkat

Sampai saat ini telah terdapat berbagai cabang ilmu farmakologi yang lebih spesifik yaitu : Farmakognosi, Biofarmasi, Farmakokinetika, Farmakodinamika, Toksikologi, Farmakoterapi, Farmakogenetik / Farmakogenomik, Farmakovigilans (Pharmacovigilance).

Bentuk - bentuk sediaan obat saat ini juga telah berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi farmasi sehingga lebih menguntungkan bagi pengguna obat-obatan baik dari segi khasiat dan cara penggunaan. Beberapa bentuk sediaan obat yang beredarantaralain : Kapsul, Tablet, Pil, Krim, Emulsi, Imunoserum, Implan atau pellet, Inhalasi, Injeksi, suppositoria, dan lain-lain.

Rute – rute pemberian obat juga terus berkembang untuk mencapai efek terapeutis yang terbaik. Rute – rute pemberian obat untuk mencapai efek sistemis antara lain : Oral, Oromukosal, Injeksi, Implantasi, Rektal dan Transdermal. Sedangkan rute untuk mendapatkan efek local / setempat adalah : Kulit (percutan), Inhalasi, Mukosa Mata dan telinga, Intra vaginal dan intra nasal.

Sejarah Obat Secara Singkat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

0 komentar:

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com