Media Pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Apa Itu Contextual Teaching and Learning?

Media Pembelajaran Contextual Teaching and Learning
Media Pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Makna Dari Cotextual Teaching and Learning

Belajar Mengajar Kontekstual adalah suatu konsep yang menghubungkan antara materi pelajaran dengan keadaan dunia nyata. 

Universitas Washington menyatakan (2001)

Pengajaran kontekstual adalah pengajaran yang memungkinkan siswa-siswi tingkat TK hingga SMU untuk menguatkan, memperluas dan menerapkan pengetahuan serta ketrampilan akademik mereka dalam berbagai macam tatanan dalam sekolah dan luar sekolah agar dapat memecah kan masalah-masalah dunia nyata atau masalah masalah yang disimulasikan.
Pembelajaran kontekstual terjadi apabila siswa menerapkan dan mengalami apa yang sedang diajarkan dengan mengacu pada masalah masalah dunia nyata yang berhubungan dengan peran dan tanggung jawab mereka sebagai anggota keluarga, warga negara, siswa, dan tenaga kerja

Blanchard, 2001, menyatakan:

Pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang terjadi dalam hubungan yang erat dengan pengalaman yang sesungguhnya.

Enam Unsur Kunci CTL (University Of Washington, 2001)
• Pembelajaran bermakna
• Penerapan pengetahuan
• Berpikir ket tingkat lebih tinggi
• Kurikulum yang dikembangkan berdasarkan standar
• Responsif terhadap budaya
• Penilai autentik

Menurut Elaine B Johnsohn
• Membuat keterkaita-keterkaitan yang bermakna
• Melakukan pekerjaan yang berarti
• Melakukan pembelajaran yang diatur sendiri
• Bekerja sama
• Berpikir kritis dan kreatif
• Membantu individu tumbuh dan berkembang
• Mencapai standar yang tinggi
• Menggunakan penilaian autentik

Penilaian Autentik

1. Tujuan: memberi kesempatan pada siswa untuk menunjukan kemampuaan terbaik mereka sambil mempertunjukan apa yang sudah mereka pelajari
2. Penilaian autentik berfokus pada tujuan, melibatkan pembelajaran secara langsung, mengharuskan membangun keterkaitan dan kerja sama, dan menanamkan tingkat berpikir yang lebih tinggi
3. Dalam kata lain: Penilaian Autentik mengajak para siswa untuk menggunakan pengetahuan akademik dalam konteks dunia nyata untuk tujuan yang bermakna

Definisi CTL menurut, Johnsohn, Elaine B (2007:65)

CTL adalah sistem yang menyeluruh, CTL terdiri dari bagian bagian yang saling terhubung. Jika bagian-bagian ini terjalin satu sama lain, maka akan dihasilkan pengaruh melebihi hasil yang diberikan bagian bagianya secara terpisah. Seperti halnya biola, cello, klarinet dan alat musik lain dalam sebiah orkestra menghasilkan bunyi yang berbeda beda yang secara bersama sama menghasilkan musik, demikian juga bagian-bagian CTL yang terpisah melibatkan proses-proses yang berbeda, yang ketika digunakan secara bersama sama, memampukan para siswa membuat hubungan yang menghasilkan makna

Tantangan Konteks bagi otak menurut Johnsohn, Elaine B. (2007:58)

  • Menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan akademik dengan konteks dari kehidupan sehari-hari siswa
  • CTL adalah sebuah sistem yang merangsang otak untuk menyusun pola pola yang mewujudkan makna. CTL adalah suatu sistem pengajaran yang cocok dengan otak
Konteks biasanya disamakan dengan lingkungan yaitu dunia luar yang dikomunikasikan melalui panca indra, ruang yang kita gunakan setiap hari. CTL menantang kita untuk memikirkan definisi ulang mengenai “konteks”. “Konteks” bermakna lebih dari kejadian kejadian yang terjadi disuatu tempat dan waktu. Konteks juga terdiri dari asumsi asumsi bawah sadar yang kita serap selama kita tumbuh, dari keyakinan yang kita pegang kuat, yang kita peroleh seperti lewat osmosis, dan dari nilai nilai yang membentuk pengertian kita tentang kenyataan.

Media Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

0 komentar:

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com