Perlunya Bimbingan dan Konseling Di Sekolah | Biasa Membaca -->

Perlunya Bimbingan dan Konseling Di Sekolah

Menurut Wardati dan Djauhar (2011:132) jika ditinjau secara mendalam, setidaknya ada tiga hal utama yang melatar belakangi perlunya bimbingan yakni ditinjau secara umum, sosio-kultural dan aspek psikologis. Secara umum latar belakang perlunya bimbingan berhubungan erat dengan pencapaian tujuan pendidikan nasional, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani.
Perlunya Bimbingan dan Konseling Di Sekolah
Bila dicermati dari sudut sosio-kultural, yang melatar belakangi perlunya proses bimbingan adalah adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat sehingga berdampak di setiap dimensi kehidupan. Hal tersebut semakin diperparah dengan laju pertumuhan penduduk yang tinggi, sementara laju lapangan pekerjaan relatif menetap. Terdapat lima hal yang melatar belakangi perlunya layanan bimbingan di sekolah yakni : (1) masalah perkembangan individu, (2) masalah perbedaan individual, (3) masalah kebutuhan individu, (4) masalah peneyesuaian diri dan kelaianan tingkah laku, dan (5) masalah belajar.

Menurut Prayitno dan Amti (2004:29-30) pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah di Indonesia sebenarnya telah dirintis sejak tahun 1960-an.

Mulai Tahun 1975 pelayanan bimbingan dan konseling telah secara resmi memasuki sekolah-sekolah, yaitu dengan dicantumkannya pelayanan tersebut pada kurikulum 1975 yang berlaku di sekolah-sekolah seluruh Indonesia, pada jenjang SD, SLTP, dan SLTA. Pada Kurikulum 1984 keberadaan bimbingan dan konseling lebih dimantapkan lagi. Keberadaan pelayanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dipertegas lagi oleh Peraturan Pemerintah No 28 tahun 1990 (tentang Pendidikan Dasar) dan No. 29 tahun 1990 (tentang Pendidikan Menengah) dalam kedua peraturan pemerintah itu disebutkan dalam Bab X, bahwa : (1) Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan (2) Bimbingan diberikan oleh guru pembimbing.

Dalam penjelasannya Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 1990 menyebutkan bahwa : (1) Bimbingan dalam rangka menemukan pribadi siswa, dimaksudkan untuk membantu siswa menegnal kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya (2) Bimbingan dalam rangka mengenal lingkungan, dimaksudkan untuk membantu siswa menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial, ekonomi, budaya serta alam yang ada (3) Bimbingan dalam rangka merencanakan masa depan, mempersiapkan diri untuk langkah yang dipilihnya setelah tamat pada sekolah menengah serta kariernya di masa depan.

Peraturan perundangan tersebut di atas memberikan legalisasi yang cukup mantap tentang keberadaan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Boleh dikatakan pekerjaan bimbingan dan konseling tidak dapat diganggu gugat lagi keberadaannya.

Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulkan bahwa pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah telah diterima dan menjadi suatu pekerjaan yang tugas dan ruang lingkupnya jelas. Lebih jauh, mengingat bahwa sumber permasalahan anak-anak, remaja dan pemuda sebagian besar berada di luar sekolah, dan mengingat pula bahwa permasalahan yang dialami manuasia tidak hanya terdapat di sekolah, maka pelayanan bimbingan dan konseling perlu menjangkau daerah-daerah yang lebih luas di luar sekolah. Anak-anak, para remaja, dan pemuda bahkan orang-orang dewasa di dalam keluarga, di dalam lembaga-lembaga kerja, dan di dalam organisasi serta lembaga-lembaga kemasyarakatan pada umumnya menghadapi masalah dalam kehidupan dan perkembangannya. Maka perlunya layanan bimbingan dan konseling sangat penting bagi sekolah untuk membantu para siswa yang mengalami masalah agar dapat teratasi secara optimal, oleh sebab itu dibutuhkan pelayanan yang baik, menyenangkan, menarik dan profesional.

Perlunya Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com