Jenis-jenis Layanan Yang Harus Dilakukan Oleh Guru Bimbingan dan Konseling | Biasa Membaca -->

Jenis-jenis Layanan Yang Harus Dilakukan Oleh Guru Bimbingan dan Konseling

Layanan bimbingan dan konseling merupakan kegiatan utama yang harus dilaksanakan oleh guru BK. Karena layanan bimbingan dan konseling dapat dijadikan program layanan BK di Sekolah baik itu program tahunan maupun program harian yang merupakan wujud dari kegiatan bimbingan dan konseling di Sekolah sehigga dapat menarik perhatian siswa. Dalam kegiatan Bimbingan dan Konseling ada sembilan layanan yang dapat dilaksanakan oleh guru BK. Sembilan layanan itu meliputi layanan Orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan penguasaan konten, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok, layanan konsultasi dan layanan mediasi. (Tohirin, 2007 : 141).
Jenis-jenis Layanan Yang Harus Dilakukan Oleh Guru Bimbingan dan Konseling
1. Layanan Orientasi
Layanan orientasi yaitu layanan yang membantu siswa memahami lingkungan baru, terutama lingkungan Sekolah dan obyek-obyek yang dipelajari, untuk menyesuaikan diri serta mempermudah dan memperlancar peran siswa di lingkungan yang baru.
2. Layanan Informasi
Layanan informasi yaitu layanan yang membantu siswa menerima dan memahami berbagai informasi diri, sosial, belajar, karir / jabatan dan pendidikan lanjutan

3. Layanan penempatan dan penyaluran penempatan yaitu penempatan dan penyaluran siswa disekolah dapat berupa (a) penempatan siswa di dalam kelas, (b) penempatan dan penyaluran ke dalam kelompok-kelompok belajar, (c) ke dalam kefiatan koekstra kurikuler, dan (d) ke dalam jurusan/program studi yang sesuai.

4. Layanan penguasaan konten
Layanan penguasaan konten yaitu layanan yang membantu peserta didik menguasai kompetensi tertentu, misalnya kompetensi yang dapat berguna dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat.
5. Layanan konseling perorangan, layanan konseling ini dimaksudkan sebagai pelayanan khusus dalam hubungan langsung tatap muka antara konselor dan klien. Dalam hubungan itu masalah klien dicermati dan diupayakan pengentasannya, sedapat-dapatnya dengan kekuatan klien sendiri.
6. Layanan bimbingan kelompok ini adalah layanan bimbingan yang diberikan dalam suasana kelompok menurut Gazda (dalam Prayitno dan Amti 2004:309) mengemukakan bahwa bimbingan kelompok di sekolah merupakan kegiatan informasi kepada kelompok siswa untuk membantu mereka menyusun rencana dan keputusan yang tepat. Misalnya membantu siswa dalam pengembangan pribadi, kemampuan hubungan sosial, kegiatan belajar, karir atau jabatan.
7. Layanan konseling kelompok adalah layanan konseling perorangan dilaksanakan di dalam suasana kelompok

8. layanan konsultasi
Layanan konsultasi yaitu layanan yang membantu siswa dan atau pihak lain dengan adanya pihak ketiga dalam memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang perlu dilaksanakan dalam menangani kondisi dan atau masalah peserta didik.
9. Sedangkan layanan mediasi layanan yang membantu siswa menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki hubungan antar mereka. Seperti perbedaan pendapat antara kedua belah pihak atau percecokan.

Jenis-jenis Layanan Yang Harus Dilakukan Oleh Guru Bimbingan dan Konseling Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com