Faktor-Faktor Mempengaruhi Keberhasilan Layanan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah | Biasa Membaca -->

Faktor-Faktor Mempengaruhi Keberhasilan Layanan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah

Keberhasilan proses konseling dalam pelaksanaannya ditentukan oleh banyak faktor. Dalam hal ini, menurut Glading (dalam Lubis Lumongga 2011:69) menjelaskan ada lima faktor yang mempengaruhi konseling yaitu struktur, inisiatif, tatanan, (setting), fisik, kualiatas klien dan kualitas konselor.
Faktor-Faktor Mempengaruhi Keberhasilan Layanan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah

a. Struktur

Struktur menurut Willis (dalam (dalam Lubis Lumongga 2011:69-71) adalah susunan proses konseling yang dilakukan konselor secara sistematis, sementara Gladding mengartikan struktur sebagai konsep mengenai karakteristik, kondisi, prosedur, dan parameter konseling yang dipakai oleh konselor dan lien. Struktur digunakan untuk memperjelas hubungan antara konselor-klien, melindungi hak masing-masing, menunjukan arah, dan memjamin konseling berhasil. Apabila konseling tidak memiliki struktur yang jelas, maka klien tidak dapat memahami konseling sepenuhnya. Hal ini membuatnya tidak aman, bingung, takut, dan tidak mau berbagi tanggung jawab untuk keberhasilan konseling.

b. Inisiatif

Inisiatif dipandang sebagai motivasi untuk berubah. Klien yang memiliki inisiatif untuk memepercepat kesembuhannya dalam proses konseling akan memudahkan konselor dalam menangani permasalahan yang dihadapinya. Inisiatif biasanya lahir dari klien yang menyadari bahwa ia harus keluar dari masalahnya dan memiliki keyakinan yang kuat bahwa konseling akan berhasil. Sementara klien yang masih enggan mengungkapkan permasalahannya, maka konselor harus berinisiatif mengambil tindakan nyata agar dapat menggali akar konflik klien.

c. Tatanan (setting) fisik

Tatanan fisik turut membantu terciptanya klien yang kondusif. Hal yang perlu dilakukan oleh konselor adalah bagaimana membuat ruang klien nyaman dan memberikan ketenangan pada klien. Konselor yang professional diharapkan meiliki keterampilan untuk menyiapkan ruangan, klien yang memungkinkan klien merasa aman, tenang, relaks, dan tenang.

d. Kualitas klien yang termasuk dalam kualitas klien adalah karakteristik klien dan kesiapannya menjalani proses konseling.


e. Kualitas konselor adalah pihak yang paling memahami akan dibawa ke mana arah konseling dan mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan konseling.


Untuk itulah, seorang konselor harus memenuhi karakteristik khusus yang harus dipenuhi untuk menangani klien.

Menurut Achmad Nurihsan Juntika (2007:57) kriteria atau patokan yang dipakai untuk menilai keberhasilan layanan bimbingan dan konseling di sekolah adalah mengacu pada terpenuhi atau tidak terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan peserta didik dan pihak-pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung berperan membantu peserta didik memperoleh perubahan perilaku dan pribadi kearah yang lebih baik.

Dalam keseluruhan kegiatan layanan bimbingan dan konseling, penilaian diperlukan untuk memperoleh umpan balik terhadap keefektifan layanan bimbingan dan konseling yang telah dilaksanakan. Dengan informasi ini dapat diketahui sampai sejauh mana derajat keberhasilan kegiatan layanan bimbingan dan konseling. Penilaian merupakan langkah penting dalam manajemen program bimbingan, tanpa penilaian tidak mungkin kita dapat mengetahui dan mengidentifikasi keberhasilan layanan bimbingan dan konseling yang telah direncanakan. Penilain program bimbingan merupakan usaha untuk menilai sejauh mana pelaksanaan program itu mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan kata lain bahwa keberhasilan layanan merupakan suatu kondisi yang hendak dilihat lewat kegiatan penilain.

Hendaknya pembimbing senantiasa memperhatikan faktor-faktor yang dapat memudahkan dalam melaksanakan proses konseling sehingga proses konseling berjalan lancar dan hendaknya konselor dapat menciptakan suasana konseling dengan aman dan nyaman, agar pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dapat berjalan secara teratur.

Faktor-Faktor Mempengaruhi Keberhasilan Layanan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com