Variasi stimulus adalah suatu kegiatan guru dalam konteks proses interaksi belajar-mengajar yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan siswa, sehingga dalam proses pembelajaran senantiasa menunjukkan ketekunan dan penuh partisipasi.
Tujuan keterampilan mengadakan variasi adalah:
a. menimbulkan dan meningkatkan perhatian siswa kepada aspek-aspek pembelajaran.
b. memupuk tingkah laku yang positif terhadap guru dan sekolah dengan berbagai cara mengajar yang lebih hidup dan lingkungan belajar yang lebih baik.
c. memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh cara menerima pelajaran yang disenanginya.
Komponen-komponen keterampilan mengadakan variasi, antara lain yaitu:
a. variasi dalam gaya belajar yang meliputi penggunaan variasi suara, pemusatan perhatian siswa, mengadakan kontak pandang dan gerak, gerakan badan dan mimik, dan pergantian posisi guru dalam kelas.
b. variasi dalam penggunaan media pembelajaran
1) variasi media yang dapat dilihat, misalnya grafik, poster, bagan, gambar, film, dan slide.
2) variasi media yang dapat didengar, misalnya rekaman suara, suara radio, dan musik.
3) variasi media yang dapat didengar, dilihat, dan diraba. Misalnya film, televisi, slide proyektor yang diiringi penjelasan guru.
0 komentar:
Posting Komentar