Keterampilan Mengelola Kelas | Biasa Membaca -->

Keterampilan Mengelola Kelas

Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya apabila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar.

Keterampilan Mengelola Kelas

Suatu kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pengajaran serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan prasyarat mutlak bagi terjadinya proses belajar mengajar yang efektif. Keterampilan mengelola kelas bertujuan untuk:
a. mendorong siswa mengembangkan tingkah lakunya sesuai tujuan pembelajaran.
b. membantu siswa menghentikan tingkah lakunya yang menyimpang dari tujuan pembelajaran.
c. mengendalikan siswa dan sarana pembelajaran dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
d. membina hubungan interpersonal yang baik antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, sehingga pembelajaran menjadi efektif.

Keterampilan mengelola kelas memiliki komponen sebagai berikut:
a. keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal. Keterampilan tersebut meliputi menunjukkan sikap tanggap, memberi perhatian, memberikan petunjuk yang jelas, menegur dengan bijaksana dan memberi penguatan.
b. keterampilan yang berhubungan dengan pengembalian kondisi belajar yang optimal. Dalam hal ini guru dapat mengadakan tindakan remedial untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola kelas, antara lain yaitu:
a. kehangatan dan keantusiasaan dalam mengajaryang dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan.
b. menggunakan berbagai variasi yang dapat menghilangkan kebosanan.
c. keluwesan guru dalam pelaksanaan tugas.
d. penekanan pada hal-hal yang bersifat positif.
e. penanaman disiplin diri sendiri

Hal-hal yang harus dihindari dalam mengelola kelas, antara lain yaitu:
a. campur tangan yang berlebihan, hal ini akan memberi kesan pada siswa bahwa guru tidak memperhatikan keterlibatan dan kebutuhan anak.
b. kesenyapan suatu pembicaraan atau kegiatan karena ketidaksiapan guru.
c. ketidaktepatan memulai dan mengakhiri kegiatan, hal ini dapat terjadi bila guru memulai suatu aktivitas tanpa mengakhiri aktivitas sebelumnya.
d. penyimpangan, terutama yang berkaitan dengan disiplin diri.
e. pengulangan penjelasan yang tidak diperlukan.

Keterampilan Mengelola Kelas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com