Keterampilan Mengajar Perorangan dan Kelompok Kecil | Biasa Membaca -->

Keterampilan Mengajar Perorangan dan Kelompok Kecil

Pengajaran kelompok kecil dan perorangan merupakan suatu bentuk pembelajaran yang memungkinkan guru memberikan perhatian terhadap setiap siswa, dan menjalin hubungan yang lebih akrab antara guru dengan iswa maupun antara siswa dengan siswa.

Keterampilan Mengajar Perorangan dan Kelompok Kecil

Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dapat dilakukan dengan:

a. mengadakan pendekatan secara pribadi yang dapat ditunjukkan dengan cara kehangatan dan kepekaan terhadap kebutuhan siswa, mendengarkan dan memberikan respon yang positif terhadap gagasan yang dikemukakan siswa, dan menunjukkan kesiapan untuk membantu siswa, tanpa
kecenderungan untuk mendominasi.

b. Mengorganisasikan yang dapat ditampilkan dengan cara memberi orientasi umum, memberi kegiatan yang bervariasi, membentuk kelompok yang tepat, dan membagi perhatian siswa pada berbagai tugas dan kebutuhan siswa.

c. Membimbing dan memudahkan belajar, yang dapat ditampilkan dalam bentuk memberi penguatan yang sesuai, dan memusatkan perhatian pada penekanan dan pemberian bantuan ketika kegiatan berlangsung, Keterampilan dasar mengajar yang diamati pada penelitian ini hanya terbatas pada keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan menggunakan media pembelajaran, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, dan keterampilan mengelola kelas. Karena keterampilan-keterampilan itulah yang selalu dibutuhkan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Keterampilan Mengajar Perorangan dan Kelompok Kecil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com