Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Dalam Dasar Mengajar | Biasa Membaca -->

Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Dalam Dasar Mengajar

Pembelajaran merupakan suatu proses yang sangat kompleks dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Oleh karena itu, untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif, dan menyenangkan, diperlukan berbagai keterampilan. Diantaranya adalah keterampilan dasar mengajar.

Keterampilan dasar mengajar dalam Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kemampuan minimal yang harus dicapai oleh mahasiswa setelah mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Mahasiswa dalam upaya menyiapkan diri sebagai alon guru yang profesional harus menguasai berbagai macam keterampilan dasar mengajar. 

Macam-macam keterampilan dasar mengajar tersebut meliputi:

Keterampilan Dasar Membuka dan Menutup Pembelajaran


Keterampilan membuka dan menutup pelajaran

a) Keterampilan membuka pelajaran

Keterampilan membuka pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan prakondisi siswa agat minat dan perhatiannya terpusat pada apa yang akan dipelajarinya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengemukakan tujuan yang akan dicapai, menarik perhatian siswa, memberi acuan, dan membuat kaitan antara materi pelajaran yang telah dikuasai oleh siswa dengan bahan yang akan dipelajarinya.49 Keterampilan membuka pelajaran memiliki tujuan:
1) membantu siswa menyiapkan diri agar sejak semula sudah dapat membayangkan pelajaran yang akan dipelajarinya.
2) menimbulkan minat dan perhatian siswa pada apa yang akan dipelajari dalam kegiatan belajar mengajar.
3) membantu siswa untuk mengetahui hubungan antara pengalamanpengalaman yang telah dikuasainya dengan hal-hal baru yang akan dipelajari.

Komponen-komponen membuka pelajaran antara lain yaitu:
1) menarik perhatian siswa antara lain dengan cara variasi gaya mengajar, penggunaan alat bantu mengajar, variasi pola interaksi.
2) memotivasi siswa antara lain dengan cara menimbulkan kehangatan dan keantusiasan, menimbulkan rasa ingin tahu, dan mengemukakan ide yang bertentangan.
3) memberi acuan antara lain dengan cara mengemukakan tujuan pembelajaran, mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan menyarankan langkah-langkah yang harus ditempuh siswa dalam kegiatan
pembelajaran.
4) membuat kaitan, minat, pengalaman, kebutuhan, dan hal-hal yang telah dikenal siswa merupakan bahan pengait yang dapat digunakan untuk mempermudah pemahaman siswa.

b) Keterampilan menutup pelajaran

Keterampilan menutup pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengakhiri pelajaran. Usaha menutup pelajaran itu dimaksudkan untuk memberi gambaran menyeluruh tentang apa yang telah dipelajari oleh siswa, mengetahui tingkat pencapaian siswa dan tingkat keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar.

Keterampilan menutup pelajaran memiliki tujuan untuk:
1) mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran.
2) mengetahui tingkat keberhasilan guru dalam membelajarkan pada siswa.
3) membantu siswa untuk mengetahui hubungan antara pengalamanpengalaman yang telah dikuasainya dengan hal-hal baru yang akan dipelajari.

Komponen-komponen menutup pelajaran antara lain yaitu:
1) meninjau kembali penguasaan inti pelajaran, yaitu dengan cara merangkum inti pelajaran.
2) mengevaluasi, yaitu dengan cara mendemonstrasikan keterampilan, mengaplikasikan ide baru,  memberi soal-soal baik lisan maupun tulisan, dan pengayaan.

Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Dalam Dasar Mengajar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com