Keterampilan Bertanya Dalam Kegiatan Pembelajaran | Biasa Membaca -->

Keterampilan Bertanya Dalam Kegiatan Pembelajaran

Brown menyatakan bahwa bertanya adalah setiap pernyataan yang mengkaji atau menciptakan ilmu pada diri siswa. Cara untuk mengajukan pertanyaan yang berpengaruh positif bagi siswa merupakan suatu hal yang tidak mudah. Oleh sebab itu, seorang guru hendaknya berusaha agar memahami dan menguasai penggunaan keterampilan bertanya.

Keterampilan Bertanya Dalam Kegiatan Pembelajaran

Keterampilan bertanya dibagi menjadi dua yaitu keterampilan mengajar tingkat dasar dan keterampilan bertanya tingkat lanjut. 

Pertanyaan yang ditujukan kepada siswa bertujuan untuk:
a) memusatkan perhatian siswa pada suatu masalah yang sedang dibahas.
b) mendiagnosis kesulitan belajar yang dihadapi siswa.
c) mengembangkan cara belajar siswa aktif.
d) mendorong siswa mengemukakan pendapat dalam diskusi.
e) menguji dan mengukur hasil belajar.

Komponen-komponen keterampilan bertanya antara lain yaitu:
a) Komponen keterampilan bertanya tingkat dasar
1) penggunaan pertanyaan secara jelas dan singkat.
2) pemberian acuan, yaitu informasi yang diberikan sebelum mengajukan pertanyaan.
3) pemindahan giliran. Adakalanya satu pertanyaan perlu dijawab oleh lebih dari seorang siswa karena jawaban siswa benar atau belum memadai.
4) penyebaran giliran untuk melibatkan siswa sebanyak-banyaknya di dalam pelajaran.
5) pemberian waktu berfikir sebelum menjawab pertanyaan.
6) pemberian tuntunan bila seorang siswa memberikan jawaban salah atau tidak dapat memberikan jawaban.

b) Komponen keterampilan bertanya tingkat lanjut
1) pengubahan tuntutan tingkat kognitif dalam menjawab pertanyaan.
2) pengaturan urutan pertanyaan, yaitu mulai dari pertanyaan yang sederhana sampai pada pertanyaan yang paling kompleks.
3) penggunaan pertanyaan pelacak dengan berbagai teknik, antara lain yaitu dengan meminta siswa memberi alasan atas jawabannya, meminta kesepakatan pandangan dari siswa lain, meminta jawaban yang tepat, relevan, dan lebih kompleks.
4) peningkatan terjadinya interaksi, dengan cara meminta siswa lain memberi jawaban atas pertanyaan yang sama.

c) Prinsip-prinsip penggunaan keterampilan bertanya
1) kehangatan dan antusias.
2) kebiasaan yang perlu dihindari
i. mengulang-ulang pertanyaan apabila siswa tidak mampu menjawabnya.
ii. mengulang-ulang jawaban siswa.
iii. menjawab sendiri pertanyaan yang diajukan sebelum siswa memperoleh kesempatan untuk menjawabnya.
iv. mengusahakan agar siswa tidak menjawab pertanyaan secara serempak.
v. menentukan siswa yang harus menjawab pertanyaan sebelum mengajukan pertanyaan.
vi. memberi pertanyaan ganda.

Keterampilan Bertanya Dalam Kegiatan Pembelajaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com