Bidang-Bidang Yang Harus Dilaksanakan Oleh Guru Bimbingan dan Konseling | Biasa Membaca -->

Bidang-Bidang Yang Harus Dilaksanakan Oleh Guru Bimbingan dan Konseling

Dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling terdapat enam bidang yang harus dilaksanakan oleh guru BK. Tiga bidang tersebut yaitu: a) bidang bimbingan pribadi, b) bidang bimbingan sosial, c) bidang bimbingan belajar d) bidang bimbingan karir, e) bidang bimbingan penembengan kehidupan berkeluarga dan f) bidang pengembengan kehidupan berkeluarga. (Tohirin 2007 : 123)
Bidang-Bidang Yang Harus Dilaksanakan Oleh Guru Bimbingan dan Konseling

a. Bidang bimbingan pribadi
Bidang bimbingan pribadi adalah bantuan yang diberikan kepada siswa agar siswa dapat mencapai tujuan dan tugas perkembangan pribadi. Menurut Surya, (dalam Tohorin, 2007: 125) bidang bimbingan pribadi merupakan bidang bimbingan dalam menghadapi dan memecahkan masalah pribadi. Selanjutnya Winkel, (dalam Tohorin, 2007: 125) menyatakan bahwa bidang bimbingan pribadi merupakan proses bantuan yang menyangkut keadaan batinya sendiri dan kejasmaniaanya sendiri.

Berdasarkan pengertian dari kedua ahli tersebut, maka yang dimaksud dengan bimbingan pribadi adalah bimbingan untuk membantu individu mengatasi masalah-masalah yang bersifat pribadi yang bertujuan agar siswa dapat mampu mengatasi sendiri, mengambil sikap atau memecahkan masalah sendiri yang menyangkut keadaan batinya sendiri.

b. Bidang bimbingan Sosial
Bidang bimbingan sosial adalah bidang bimbingan yang membantu individu untuk memecahkan masalah-masalah sosial, seperti pergaulan dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang bertujuan agar siswa mampu bersosialisasi dan mudah menyelesaikan diri dengan lingkungan secara baik. Sehingga Djumhur& Surya, (dalam, Tohirin 2007 : 127) menyatakan bidang bimbingan sosial merupakan Bidang bimbingan yang bertujuan untuk membantu individu dalam memecahkan dan mengatasi kesulitan-kesulitan dalam masalah soial, sehingga individu mampu menyesuaikan diri secra baik dan wajar dalam lingkungan sosialnya.

c. Bidang Bimbingan Belajar
Bidang bimbingan belajar adalah salah satu bidang bimbingan yang diberikan oleh guru BK kepada siswa dalam hal menemukan cara belajar yang tepat, dan dalam mengatasi kesukaran-kesukaran yang timbul berkaitan dengan tuntutan belajar di institusi pendidikan. Winkel, (dalam Tohirin 2007:130) Berdasarkan pendapat tersebut bidang bimbingan belajar bermakna suatu bantuan dari guru BK kepada siswa dalam menghadapi dan memecahkan masalah sosial.

d. Bidang Bimbingan Karier
Menurut Winkel, (dalam Tohirin, 2007 : 133) bahwa bidang bimbingan kaier merupakan bantuan dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia pekerjaan, pemilihan lapangan pekerjaan atau jabatan ( profesi ) tertentu serta membekali dirinya agar siap memangku jabatan tersebut dan dalam menyesuaikan diri dengan tuntutan-tuntutan dari lapangan pekerjaan yang telah dimasuki.
Berdasarkan pendapat tersebut Bidang bimbingan karir dapat bermakna bantuan yang diberikan oleh guru BK kepada siswa agar siswa akan lebig siap unuk memasuki dunia kerja serta ma pu untuk mengambil keputusan dalm menentukan karier.

e. Bidang Bimbingan Pengembagan Kehidupan Berkeluarga
Bidang bimbingan berkeluarga merupakan suatu bimbingan yang diberikan oleh guru BK kepada siswa dalam memecahkan masalah kehidupan berkeluarga. Melalui bimbingan ini individu diberikan bantuan untuk mencarikan alternatif bagi pemecahan masalah yang berkenaan dengan kehidupan berkeluarga.

f. Bidang Bimbingan Pengembagan Kehidupan Beragama
Bidang bimbingan pengembagan kehidupan berkelurga adalah bidang bimbingan yang membantu siswa agar mampu menghadapi dan memecahkan masalah-masalah yang berkenaan dengan kehidupan beragama agar para siswa dapat menemukan alternatif bagi pemecahan masalah-masalah yang berkenaan dngan kehidupan beragama.

Bidang-Bidang Yang Harus Dilaksanakan Oleh Guru Bimbingan dan Konseling Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com