Berbagai produk pengolahan diversifikasi hasil perikanan | Biasa Membaca -->

Berbagai produk pengolahan diversifikasi hasil perikanan

Ikan dan hasil perikanan lainnya merupakan kekayaan sumber daya alam Indonesia sebagai anugerah Alloh SWT yang sudah seharusnya kita syukuri.
Berbagai produk pengolahan diversifikasi hasil perikanan

Beragam jenis ikan dengan jumlah yang melimpah, memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Data total produksi perikanan Indonesia tahun 1998 adalah 4,7 juta ton. Dari total produksi tersebut 75 % berasal dari tangkapan di laut, dimana 40 % dari total produksi laut diolah menjadi olahan tradisianal seperti ikan kering/asin, pindang, asap dan fermentasi yang dilakukan oleh ±10.000 unit pengolahan skala kecil dan hanya 10 % dalam bentuk ikan kaleng dan beku, sedangkan 50 % dikonsumsi / diperdagangkan segar.

Baca Juga : Manfaat Diversifikasi Produk Olahan Dari Ikan

Pengembangan produk bernilai tambah masih sangat rendah. Hal ini ditandai dengan pemanfaatan hasil produksi ikan yang masih didominasi olahan tradisional dengan mutu hasil olahan yang masih kurang baik, dan rendahnya tingkat pemanfaatan produksi. Disisi lain, produksi perikanan yang merupakan hasiI tangkap samping (HTS / by catch) dari pukat udang dan tuna masih belum dimanfaatkan secara optimal serta masih besarnya tingkat kehilangan hasil produksi (+ 20 %). Berdasarkan studi yang telah dilakukan, 20-30 % ikan yang didaratkan mempunyai mutu rendah dan diperkirakan lebih dari 300.000 MT ikan tangkapan sampingan udang (by catch) belum dapat dimanfaatkan.

Mengingat jumlah hasil tangkapan samping di Indanesia sangat besar, disamping itu komoditas hasil perikanan secara umum memiliki sifat sangat mudah rusak atau kehilangan kesegarannya, sehingga sangat diperlukan cara atau proses pengolahan yang dapat memperpanjang daya awet produk tersebut. Dengan demikian produk dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama dan dapat didistribusikan ke lokasi-lokasi yang jauh dari lokasi penangkapan, maka optimalisasi pemanfaatan potensi tersebut, termasuk ikan non-ekonomis adalah diantaranya melalui pengembangan produk bernilai tambah dalam bentuk diversifikasi pengolahan hasil perikanan, perbaikan teknologi dan perbaikan kemasan. Proses pengolahan disamping dapat meningkatkan nilai tambah juga dapat

menganekaragamkan jenis-jenis produk olahan ikan (diversifikasi produk olahan ikan). Jenis-jenis produk olahan ikan yang berkembang sampai saat ini meliputi: bakso, nugget, sosis, abon, ikan asap, sarden, presto, dendeng, kerupuk, kaki naga dan lain-lainnya. Jika produk-produk olahan tersebut dikembangan menjadi skala usaha yang menguntungkan, manfaat yang lebih besar lagi dapat diraih yaitu membuka lapangan kerja baru sehingga dapat membantu menekan tingkat pengganguran. Berikut akan dibahas jenis-jenis pengolahan diversifikasi hasil perikanan meliputi: nugget, sosis, bakso, terrine dan produk-produk lainnya.

Baca Juga : Struktur Jaringan dan Protein Daging Ikan

Berbagai produk pengolahan diversifikasi hasil perikanan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com