Penerapan Akuntansi Keuangan | Biasa Membaca -->

Penerapan Akuntansi Keuangan


A. Pengertian

Akuntansi adalah suatu sistem informasi yang mengidentifikasikan, mencatat dan mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa ekonomi dari suatu organisasi kepada para pengguna yang berkepentingan. Salas satu unsur vital dalam mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa ekonomi adalah kemampuan akuntan untuk menganalisis dan menginpretasikan informasi yang telah dilaporkan.

Oleh karena akuntansi mengkomunikasikan informasi keuangan maka sering disebut dengan “bahasa bisnis”. Informasi akuntansi tersebut diperlukan oleh pengguna internal dan eksternal. Pengguna internal diantaranya para manajer yang merencanakan, mengorganisasikan dan mengelola suatu bisnis. Sedangkan pengguna ekternal terdiri atas investor, pemerintah dan lain-lain.

B. Sejarah Singkat Akuntansi


Asal mula akuntansi dikaitkan dengan hasil Luca Pacioli, seorang ahli matematika Italia pada zaman Renaisans dalam bukunya summa arithmetica, Geometrica, Proportione et Propotionalite, Pacioli menguraikan sistem yang dapat digunakan untuk memastikan bahwa informasi akuntansi telah dicatat secara efisien dan akurat.

C. Persamaan Akuntansi

Balok-balok pembangun akuntansi diantaranya adalah kategori yang menjadi dasar pengklasifikasian peristiwa-pwriatiwa ekonomi yaitu aset yang dimiliki dan apa yang menjadi kewajibannya dan ekuitas pemilik. Hubungan antara aset, kewajiban dan ekuitas pemilik dinyatakan dalam persamaan akuntansi yang dikenal dengan persamaan dasar akuntansi yaitu

Aset adalah sumber daya yang dimiliki oleh suatu bisnis. Kewajiban adalah utang dan keharusan yang mesti dipenuhi sedangkan ekuitas pemilik adalah klaim kepemilikan ata total aset.

D. Analisis Transaksi

Dalam pemahaman akuntansi perlu dipelajari dan dipahami transaksi-transaksi ekonomi tersebut sehingga nantinya mampu menganalisis persamaan dasar akuntansinya.

E. Laporan Keuangan
Setelah transaksi diidentifikasikan, dicatat, dan diikhtisarkan selanjutnya kita akan membuat empat laporan keuangan dari data akuntansi yang telah diringkas.

a. Laporan laba rugi (income statementI) yang menyajikan pendapatan dan beban serta laba atau rugi bersih yang dihasilkan selama suatu periode waktu tertentu.

b. Laporan ekuitas pemilik merangkum perubahan-perubahan yang terjadi pada ekuitas pemilik selama suatu periode waktu tertentu

c. Neraca, melaporkan eset, kewajiban, dan ekuitas pemilik pada tanggal tertentu.

d. Laporan arus kas merangkum seluruh informasi mengenai arus kas masuk adan arus kas keluar.

Bila informasi ini bermanfaat silahkan dishare

Penerapan Akuntansi Keuangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com