Berkomitmen terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara | Biasa Membaca -->

Berkomitmen terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara

Berkomitmen terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara
Apa yang kalian ketahui tentang Lambang Negara Garuda Pancasila ? Semoga kalian masih ingat karena materi ini sudah kalian pelajari di sekolah dasar. Bagaimana dengan Gedung Pancasila ? Gedung Pancasila merupakan salah satu gedung bersejarah bagi perjuangan bangsa dan negara Indonesia. Bertempat di gedung yang terletak di Jalan Pejambon Nomor 6, Jakarta Pusat, terjadi proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara. Oleh karena itu sudah sepantasnya gedung ini bernama Gedung Pancasila. Coba kalian cari informasi lebih lanjut tentang gedung ini dari berbagai sumber belajar. 
 
Coba kalian menyanyikan lagu “Garuda Pancasila” secara bersama-sama, dipimpin salah seorang kalian. Nyanyikanlah lagu tersebut dengan khidmat. Bagaimana perasaanmu setelah menyanyikan lagu tersebut? Jika lagu “Garuda Pancasila” kalian nyanyikan dengan khidmat, akan timbul semangatmu untuk mencintai Pancasila sebagai dasar negara. Coba kalian baca secara cermat lirik lagu tersebut. Apa nilai dan semangat yang termuat dalam lagu tersebut ?

Pancasila sebagai dasar negara merupakan hasil perjuangan para pendiri negara Pendiri negara merupakan orang-orang yang telah berjuang untuk mendirikan bangsa dan negara. Jasa-jasa mereka seharusnya tidak kita lupakan. Seperti dikatakan Proklamator Ir. Soekarno, “Jangan sekali-kali melupakan sejarah” atau yang lebih dikenal dengan singkatan “Jasmerah”. Tidak melupakan sejarah merupakan kewajiban warga negara sebagai bangsa Indonesia. Melupakan sejarah sama saja dengan menanggalkan identitas bangsa Indonesia itu sendiri. Kita semua memiliki masa lalu, memiliki sejarah masing-masing. Peristiwa yang terjadi hari ini dan masa depan yang akan dibangun merupakan proses dan hasil sepanjang sejarah tersebut.

Para pendiri negara pada masa lalu telah merumuskan dan menetapkan dasar negara dalam menggapai cita-cita sebagai negara yang merdeka dan berjaya. Dasar negara Pancasila berguna untuk mengantarkan kemerdekaan dan kejayaan bangsa Indonesia. Pada bab ini, kalian akan mempelajari sejarah dan nilai yang terdapat dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara dan bagaimana Pancasila tersebut dihayati oleh bangsa Indonesia sehingga kehidupan bangsa Indonesia yang besar dan beragam dapat tercipta dengan indah.

Berkomitmen terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com