Cara Mengembangkan Sikap Wirausaha | Biasa Membaca -->

Cara Mengembangkan Sikap Wirausaha

Bagaiman sikap Wirausaha dapat ditumbuhkan?

Bahwa sikap dapat ditumbuhkan dan dikembangkan melalui proses belajar. Dalamp roses belajar tidak terlepas dari proses komunikasi dimana terjadiproses tranfer pengetahuan dan nilai. Jika sikap merupakan hasilbelajar, maka kunci utama belajar sikap terletak pada proses kognisi dalam belajar siswa. Menurut Bloom, serendah apapun tingkatan proses kognisi siswa dapat mempengaruhi sikap (Munandar, 1999). Namun demikian,tingkatan kognisi yang rendah mungkin saja dapat mempengaruhi sikap,tetapi sangat lemah pengaruhnya dan sikap cenderung labil. Kami yakin,bahwa proses kognisi yang dapat menumbuhkan dan mengembangkan sikapsecara signifikan, sejalan dengan taksonomi kognisi Bloom, adalah padataraf analisis, sintesis, dan evaluasi. Pada taraf inilah memungkinkan sasaran didik memperoleh nilai-nilai kehidupan yang dapat menumbuhkan keyakinan yang merupakan kunci utama untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap.

Cara Mengembangkan Sikap Wirausaha

Sumber informasi sangat berpengaruh pada penumbuhan sikap. Di samping informasi dari buku teks, mungkin juga dari fakta empirik, guru ataupendidik juga merupakan sumber belajar. Kualitas sumber informasi sangat berpengaruh pada penumbuhan keyakinan siswa. Karena itu kualitasinformasi sangat menentukan perolehan pengalaman yang memandai, yangdibutuhkan untuk mengembangkan cakrawala pandang. Demikian juga faktaempirik, harus diberikan. Fakta empirik merupakan informasi sekaligusbahan belajar yang sangat berharga yang dapat dipelajari, dianalisisoleh siswa untuk memperoleh pengalaman dan untuk menambah keyakinanmereka. Di samping itu, guru juga memiliki peranan yang kuat dalam menumbuhkan sikap, karena gurulah yang berkomunikasi langsung dansekaligus merupakan preferensi bagi siswa.

(baca juga : Cara Untuk Menjadi Wirausaha Sukses)

Oleh karena itu, kualitas guru, baik di lihat dari kemampuan, keluasan wawasan, pengusaaan pengetahuan teoritis dan praktis diperlukan. Di sinilah peran gurusebagai fasilitator, inovator, motivator, dapat dimainkan. Dengan demikian, dalam model belajar yang diharapkan di sini membutuhkankeragaman sumber informasi. Dengan sumber informasi yang beragam siswadapat menentukan pilihan yang sesuai dengan minat, motivasi, serta bakatmereka. Dengan cara inilah, siswa dapat menemukan sendiri pengetahuandan informasi yang akan mereka gunakan untuk penganalisaan situasi danfakta untuk mendapatkan nilai-nilai yang bermanfaat bagi hidupnya.

Selanjutnya, tentang media, bahwa tidak setiap media informasi dapatmempengaruhi sikap siswa. Karena itu adalah mutlak bagi guru untukmencari buku teks maupun sejenisnya yang dapat mempengaruhi keyakinansiswa. Banyak buku teks yang isinya terlihat diam dan menjemukan. Tidakmenumbuhkan gairah keingin tahuan, dan tidak dapat mempersuai pembaca. Dilihat dari fungsinya, sikap menurut Triandis (1971, 4-5): memberikan penjelasan dalam beberapa fungsi seperti:

  1. Membantu seseorang untuk mengerti alam dan sekitarnya, dengan cara mengatur dan menyederhanakan input yang sangat rumit lingkupnya itu.
  2. Memungkinkan seseorang untuk menyesuaikan diri di dunia yang rumit, dengan memberikan reaksi yang dapat meningkatkan penghargaan dari lingkungannya
  3. Menghindarkan seseorang untuk mengungkapkan nilai-nilai fundamentalnya.

Dari hasil penelitian Katz (1957,26), terdapat empat fungsi dari sikap seseorang terhadap tanggapannya pada stimuli yang dihadapinya. Adapun fungsi-fungsi sikap yang dimaksud adalah :

  1. Suatu alat dalam penyesuaian, artinya bila seseorang berhubungan dengan dunia luar maka sikapnya itu akan membantu dirinya mengerti akan dunia sekitarnya di luar dirinya.
  2. Pertahanan diri merupakan suatu eksistensi dari seseorang untuk mempertahankan kepribadiannya. Dengan sikap itu seseorang dapat menunjukkan adanya kepribadian dan sikap itu melindungi akunya, sehingga orang dapat bersikap selektif terhadap penyesuaian dengan lingkungannya.
  3. Sikap berfungsi sebagai pernyataan nilai-nilai. Sikap itu menyangkut konsep penilaian terhadap suatu obyek yang dapat tercermin dalam perilakunya.
  4. Sikap merupakan fungsi pengetahuan, yang menyangkut pendapat, kebijakan, penilaian, dan semua itu berhubungan juga dengan pengetahuan dan pengertian seseorang terhadap obyek tertentu.

Selanjutnya : Komponen Sikap Dalam Kewirausahaan

Cara Mengembangkan Sikap Wirausaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com