Perencanaan Produksi Tom Spray Aerator untuk Zat Warna Alam Indigo | Biasa Membaca -->

Perencanaan Produksi Tom Spray Aerator untuk Zat Warna Alam Indigo

Desain Spray Aerator
Desain Spray Aerator

A. Alat dan Bahan yang dibutuhkan untuk Pembuatan Spray Aerator dan Zat warna alam indigo

1) Pembuatan tangki, dapat disubtitusi dengan drum bekas
2) Sprayer, dapat dimodifikasi dengan paralon yang diberi lubang banyak
3) Pipa paralon, untuk sirkulasi larutan yang dipompa.
4) Pompa air, saklar dan kabel, dapat diperoleh di toko material
5) Rangka penopang tangki
6) Tanaman Indigofera tinctoria
7) Kapur CaO, larutan CaO (kapur tohor)

B. Proses Produksi Tom Spray Aerator untuk Zat Warna Alam Indigo 

Proses produksi dalam pembuatan zat warna alam yang dikembangkan dalam hal ini dibagi menjadi dua bagian yaitu :
a. Pembuatan Alat Spray Aerator
b. Pembuatan zat warna alam indigo biru
Spray aerator sebagai alat yang digunakan untuk pengambilan zat warna alam indigo biru yang biasa digunakan untuk pewarnaan batik, tenun, denim. Bahan baku zat warna alam ini berupa daun nila yang diolah melalui proses perendaman (24 jam), proses aerasi dan proses pengendapan. Hasil akhir berupa produk pasta/powder indigo biru yang mempunyai nilai jual cukup tinggi.

a. Proses Pembuatan Spray Aerator

Diagram alir pembuatan spray aerator
Diagram alir pembuatan spray aerator

Peralatan dan Bahan Pembuatan Spray Aerator

Peralatan yang digunakan dalam pembuatan alat spray aerator digunakan alat-alat di antaranya mesin las, bor, gerinda, dan tool kit seperti pada gambar.
Peralatan yang digunakan dalam pembuatan Spray Aerator
Peralatan yang digunakan dalam pembuatan Spray Aerator
Spray aerator dapat dibagi menjadi empat bagian yaitu penyediaan sprayer, pompa, pemipaan, dan tangki penampung. Prisip dasar dari proses ini adalah aerasi yaitu mengkontakkan cairan dengan udara. Sprayer bisa disubtitusi/ diganti dengan pipa paralon yang diberi beberapa lubang. Penyediaan reservoir/ tangki penampung dapat disubtitusi dengan menggunakan drum bekas minyak.
Tangki penampung
Tangki penampung
Rangka disiapkan untuk menopang tangki, sprayer, pompa dan pipa yang digunakan. Pemipaan dilakukan bersamaan dengan pemasangan tangki. Setelah tangki, pompa, pipa dan sprayer terpasang, tinggal pemasangan saklar untuk mengoperasikan pompa. Sumber arus listrik yang digunakan AC 220 Volt.

Peralatan dan bahan pembuatan zat warna alam indigo bagian perendaman digunakan ember untuk merendam daun Indigofera tinctoria L. Spray Aerator digunakan untuk mengaerasi cairan hasil rendaman. Keranjang, kain dan ember digunakan untuk memisahkan antara pasta dengan air.
Peralatan yang digunakan dalam proses perendaman, aerasi, dan pengendap
Peralatan yang digunakan dalam proses perendaman, aerasi, dan pengendap
Penggunaan Spray Aerator dapat mempermudah dalam proses produksi pengambilan zat warna alam indigo. Perawatan alat ini meliputi :
1) Perawatan alat terutama bagian sprayer, yaitu membersihkan bagian lubang sprayer agar tidak tersumbat dari kapur yang digunakan. Pastikan dalam kondisi bersih setelah menggunakannya.
2) Hindari tergenangnya air pada spray aerator pada bagian tangki (reservoir) saat penyimpanan agar tidak terjadi korosi pada peralatan.
3) Lakukan pemeliharaan (maintenance) secara berkala pada pompa air, hindari terjadinya hubung singkat karena isolasi kabel kurang baik.
4) Perhatikan penggunaan sumber listrik disesuaikan dengan spesifikasi pompa air yang digunakan.

Pembuatan produk peralatan sistem teknik membutuhkan pekerjaan yang teliti dan harus memperhatikan keselamatan kerja sebagai upaya untuk meminimalisir timbulnya kecelakaan kerja. Peralatan keselamatan kerja yang digunakan dalam pembuatan alat yang mendukung proses produksi antara lain : sarung tangan, kacamata, helm, pakaian praktik, safety shoes, pelindung telinga, masker pelindung saluran pernafasan.

Keselamatan kerja dalam proses produksi menjadi hal yang utama untuk diperhatikan guna menghidari kecelakaan kerja. Keselamatan kerja mencakup pencegahan kecelakaan kerja dan perlindungan terhadap tenaga kerja dari kemungkinan terjadinya kecelakaan sebagai akibat dari kondisi kerja yang tidak aman dan atau tidak sehat. Perilaku yang tidak aman dan praktik kerja tidak standar, dan apa yang menjadi sebab perilaku tidak aman harus menjadi perhatian agar kecelakanaan kerja dapat diminimalisir. 

Syarat-syarat kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja ditetapkan sejak tahap perencanaan, pembuatan, pengangkutan, distribusi, perdagangan, pemasangan, pemakaian, penggunaan, pemeliharaan, dan penyimpanan bahan, barang, produk teknis, dan aparat produksi yang mengandung dan dapat menimbulkan bahaya kecelakaan.
Sisi pandang budaya K3
Sisi pandang budaya K3
Budaya K3 dibentuk dari kebiasaan perilaku para anggota berupa seperangkat nilai dan norma pola perilaku yang didasari dengan kesadaran tinggi yang diwujudkan dalam bentuk sikap, ucapan, dan tindakan yang mengarah pada terciptanya kegiatan yang aman, sehat, andal, dan selaras dengan lingkungan. Budaya K3 dapat dilihat dari sisi pandang activator, pelaku dan dampak yang muncul dari setiap perilaku kerja seperti pada Gamabar 2.26.

b. Pembuatan Zat Warna Alam Indigo menggunakan Spray Aerator

Spray aerator sebagai salah satu alat dalam pembuatan zat warna alam indigo seperti telihat dalam diagram alir pada Gambar sebagai berikut :
Diagram alur pembuatan zat warna alam indigo
Diagram alur pembuatan zat warna alam indigo
Bagian perendaman/Proses hidrolisis
Persiapan perendaman daun nila dan setelah 24 jam
Persiapan perendaman daun nila dan setelah 24 jam
Proses aerasi, ditambahkan larutan kapur (CaO) pada saat proses aerasi seperti pada Gambar Proses aerasi
Proses aerasi
Proses aerasi
Proses pengendapan (sedimentasi), cairan yang telah diaerasi dan di tambah dengan larutan kapur diendapkan dengan menggunakan ember. Setelah terdapat endapan, perlahan buang cairan bagian atas (berwarna kekuningan) dan tampung endapan tersebut seperti pada Gambar. Air akan terpisah dengan pasta dan pasta ini siap untuk dikemas. Jika penyimpanan dalam waktu lama, dapat dibuat powder dengan cara dikeringkan terlebih dahulu dan dihaluskan menggunakan peralatan tambahan.
Pengendapan pasta dan pembuatan powder
Pengendapan pasta dan pembuatan powder

Perencanaan Produksi Tom Spray Aerator untuk Zat Warna Alam Indigo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com