Faedah-Faedah Zakat Dalam Sisi Agama

Faedah-faedah zakat dari sisi agama
Faedah-Faedah Zakat Dalam Sisi Agama
1. Bahwasanya menunaikan zakat adalah menegakkan salah satu diantara rukun-rukun Islam , jika kita mengerjakan rukun-rukun tersebut maka kita akan selamat di dunia maupun di akhirat.

2. Zakat adalah salah satu cara seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Rabbnya dan juga tambahan bagi keimanannya. Dalam hal ini keberadaan zakat sama dengan seluruh amal ketaatan lainnya.

3. Pahala besar yang akan diperoleh orang yang membayar zakat.

Allah Ta’ala berfirman:

“Allah Ta’ala memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah Ta’ala tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.” (QS. Al-Baqarah : 276)

Allah Ta’ala juga berfirman:

“Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia menambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah Ta’ala. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencari keridhaan Allah Ta’ala, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya).” (QS. Ar-Ruum : 39)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda:

“Barangsiapa yang bershadaqah seukuran dengan satu buah kurma (yaitu yang senilai dengan sebutir kurma) dari harta yang baik sedangkan Allah Ta’ala tidak menerima kecuali hanya yang baik. Maka sesungguhnya Allah Ta’ala mengambilnya dengan tangan kanan-Nya, kemudian Dia menjaga shadaqahnya tersebut seperti penjagaan seorang di antara kalian terhadap anak kudanya, sampai shadaqah tersebut sebesar gunung.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Allah Ta’ala akan menghapuskan kesalahan-kesalahan dengannya, hal ini seperti dalam sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Dan shadaqah dapat menghapuskan kesalahan-kesalahan seperti air memadamkan api.”

Dan yang dimaksud shadaqah di sini yaitu zakat ataupun semua bentuk shadaqah-shadaqah sunnah.

Faedah-Faedah Zakat Dalam Sisi Agama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

0 komentar:

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com