Kaum Muslimin Telah Sepakat Tentang Hukum Wajibnya Berpuasa Pada Bulan Ramadhan

Maka barangsiapa yang mengingkari akan kewajiban puasa bulan Ramadhan, maka dia murtad dan kafir. Lalu ia diminta untuk bertaubat, maka jika dia bertaubat dan menetapkan kewajiban berpuasa Ramadhan, maka taubatnya diterima. Dan jika tidak bertaubat maka dia diperangi dalam keadaan kafir. Kewajiban berpuasa Ramadhan dimulai pada tahun kedua Hijriyah, sehingga Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa sebanyak sembilan kali di bulan Ramadhan. Dan puasa itu hukumnya wajib bagi setiap muslim, baligh dan berakal.
Kaum Muslimin Telah Sepakat Tentang Hukum Wajibnya Berpuasa Pada Bulan Ramadhan
Baca Juga : Hukum Puasa Pada Bulan Ramadhan

Dan orang kafir tidaklah wajib untuk berpuasa, dan jika dia berpuasa maka puasanya tidak diterima sehingga dia masuk Islam terlebih dahulu. Demikian pula anak kecil tidak diwajibkan baginya untuk berpuasa Ramadhan hingga telah sampai waktu balighnya, yaitu bila telah genap berusia lima belas tahun, atau dengan tumbuhnya bulu di sekitar kemaluan, atau dengan keluarnya air mani akibat mimpi basah atau yang sejenisnya. Sedangkan bagi wanita ditambahkan dengan keluarnya darah haidh.

Maka jika seorang anak menjumpai salah satu dari ciri-ciri tersebut pada dirinya, maka dia dihukumi sebagai anak yang telah baligh. Akan tetapi anak kecil boleh diperintah untuk berpuasa, jika ia mampu dan tidak memadharatkan dirinya, supaya dia terbiasa dan menjadikan mudah baginya untuk berpuasa. Dan tidak wajib berpuasa bagi orang yang hilang akalnya disebabkan gila, atau kurang normal otaknya atau yang sejenisnya. Maka karena itu, apabila ada seorang tua, lalu dia pikun dan tidak mampu membedakan sesuatu yang baik dan yang buruk, maka tidak ada kewajiban berpuasa dan memberi makan (fakir miskin) atas dirinya.

Baca Juga : Hikmah dan Faidah Puasa Pada Bulan Ramadhan

Kaum Muslimin Telah Sepakat Tentang Hukum Wajibnya Berpuasa Pada Bulan Ramadhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

0 komentar:

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com