Siapakah Para Pekerja Sosial Itu

Apa yang mendorong anda untuk memilih pekerjaan sosial sebagai profesi anda? Kalau anda seperti kebanyakan pekerja sosial, ingin bekerja dengan orang, ingin melakukan sesuatu yang bermakna, ingin meniti karir yang membuat suatu perbedaan. Apa kualitas pribadi yang mendorong anda untuk bekerja secara erat dengan orang lain? Kalau anda seperti kebanyakan pekerja sosial, anda memiliki kualitas pribadi yang akan meningkatkan kompetensi anda sebagai seorang profesional.
 
Siapakah Para Pekerja Sosial Itu

Seseorang memasuki profesi bantuan seperti pekerjaan sosial karena banyak alasan yang berbeda. Bagi banyak orang, motivasi mereka ialah penghormatan yang tidak mementingkan diri sendiri terhadap orang lain. Ada yang ingin membuat perbedaan dengan memperbaiki kondisi-kondisi manusia dan mempromosikan keadilan sosial. Ada yang memasuki bidang ini untuk membayar utang atas bantuan yang ia pernah terima. Walaupun mempertimbangkan alasan-alasan yang berbeda ini untuk memasuki profesi ini, hampir tanpa kecuali, para profesional pekerjaan sosial memperlihatkan kepedulian.
 
Para pekerja sosial sering mendeskripsikan diri mereka sebagai “pemberi bantuan” profesional yang membantu orang lain memecahkan masalah-masalah dan memperoleh sumberdaya-sumberdaya, yang memberikan dukungan selama krisis, dan yang memfasilitasi respons sosial terhadap kebutuhankebutuhan. Mereka adalah kaum profesional dalam arti mereka telah memiliki landasan pengetahuan dan keterampilan-keterampilan yang disyaratkan, serta menganut nilai-nilai dan etika profesi pekerjaan sosial.

Para profesional pekerjaan sosial memiliki orientasi yang sama terhadap nilai-nilai. Mereka memandang orang lain dengan pandangan yang positif dan mendemonstrasikan suatu kepedulian yang sejati atas kesejahteraan orang lain. Lagi pula kaum pemberi bantuan profesional yang efektif optimistik akan potensi perubahan dan kehidupan pada umumnya. Harapan yang realistik memotivasi proses-proses perubahan. Di atas itu semua, mereka memiliki suatu visi masa depan yang didasarkan atas cita-cita keadilan sosial.

Siapakah Para Pekerja Sosial Itu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

0 komentar:

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com