Metode Pembelajaran Menulis Permulaan dan Menulis Lanjut di Sekolah Dasar | Biasa Membaca -->

Metode Pembelajaran Menulis Permulaan dan Menulis Lanjut di Sekolah Dasar

Kaitan antara menulis dan membaca sangat erat sehingga tidak dapat dipisahkan. Pada waktu guru mengajarkan menulis kata atau kalimat, siswa tentu akan membaca kata atau kalimat tersebut. Kemampuan membaca diajarkan sejak dini, sejak siswa masih kelas I. Untuk itu, kemampuan menulis pun diajarkan sejak dini pula.

Metode Pembelajaran Menulis Permulaan dan Menulis Lanjut di Sekolah Dasar

Kemampuan menulis diajarkan di sekolah dasar sejak kelas I sampai kelas VI. Kemampuan yang diajarkan di kelas I dan II merupakan kemampuan tahap awal atau permulaan. Oleh sebab itu, pembelajaran menulis di kelas I dan II disebut menulis permulaan, sedangkan di kelas III-VI disebut menulis lanjut. 

Kemampuan menulis merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa tulis yang bersifat produktif; artinya merupakan kemampuan yang menghasilkan tulisan. Menulis memerlukan kemampuan yang bersifat kompleks. Kemampuan yang diperlukan antara lain kemampuan berpikir secara teratur dan logis, kemampuan mengungkapkan pikiran secara jelas, menggunakan bahasa yang efektif, dan kemampuan menerapkan kaidah tulis-menulis secara baik. Kemampuan ini diperoleh melalui jalan yang panjang. Sebelum sampai pada tingkat kemampuan menulis, siswa harus mulai dari tingkat awal, tingkat permulaan, mulai dari pengenalan lambang-lambang bunyi. Pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh pada tingkat permulaan pada pembelajaran menulis permulaan akan menjadi dasar peningkatan dan pengembangan kemampuan menulis selanjutnya. Apabila dasar itu baik dan kuat, dapat diharapkan pengembangnnya pun dapat baik pula dan apabila dasar itu kurang baik atau lemah, diperkirakan hasil pengembangnnya akan kurang baik juga. Mengingat hal itu, selayaknya pembelajaran menulis permulaan mendapat perhatian yang memadai dari guru.

Metode yang digunakan dalam pembelajaran menulis permulaan pada hakikatnya sama dengan metode yang digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan. Persyaratan pembelajaran menulis permulaan seyogyanya siswa sudah bisa membaca apa yang akan mereka tulis. Seperti pada kegiatan membaca permulaan, pembelajaran menulis permulaan juga melalui dua tahapan, yaitu tahap prapembelajaran berkaitan dengan kesiapan menulis siswa dan tahap menulis permulaan melalui kegiatan menjiplak/mengeblat, menyalin/meniru, menatap, menulis halus/indah, dikte/imlak, dan mengarang sederhana melalui berbagai imbingan. 

Metode yang dapat digunakan antara lain (l) metode abjad, (2) metode kupas rangkai suku kata, (3) metode kata lembaga, dan (4) metode struktural analitik sintetik (SAS). Dalam pembelajaran menulis, metode metode yang dipandang paling cocok dengan jiwa anak adalah metode SAS. Menurut Supriyadi dkk. (l992) alasan mengapa metode SAS dipandang paling baik antara lain (l) metode ini menganut prisip ilmu bahasa umum, bahwa bentuk bahasa terkecil adalah kalimat, (2) memperhitungkan perkembangan pengalaman bahasa anak, dan (3) metode ini menganut prinsip menemukan sendiri. Penerapan metode SAS ini akan dibicarakan sebagai berikut.

Dalam penerapan metode SAS, guru melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Guru menuliskan sebuah kalimat sederhana. Setelah kalimat dibaca, siswa menyalinnya.
  2. Kalimat itu diuraikan ke dalam bentuk kata-kata. Setelah dibaca siswa menyalin kata-kata itu seperti yang dilakukan guru.
  3. Kata-kata dalam kalimat itu diuraikan lagi atas suku-sukunya. Setelah dibaca, siswa menyalin suku kata-suku kata itu seperti yang dilakukan guru.
  4. Suku kata itu pun diuraikan lagi atas huruf-hurufnya. Siswa menyalin seperti yang dilakukan guru.

Setelah guru memberikan penjelasan lebih lanjut, huruf-huruf itu dirangkaikan kembali menjadi suku kata, kata, dan kalimat untuk kemudian siswa menyalinnya seperti yang dilakukan guru. Metode pembelajaran menulis lanjut diarahkan pada penggunaan pendekatan writing process dengan tahapan kegiatan pramenulis, pengedrafan, perevisian, pengeditan, dan pemublikasian hasil tulisan siswa. Bahasan ini akan dipaparkan pada bahasan selanjutnya.

Metode Pembelajaran Menulis Permulaan dan Menulis Lanjut di Sekolah Dasar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com