Mengenal Disiplin Psikologi Dalam Ilmu-ilmu Sosial | Biasa Membaca -->

Mengenal Disiplin Psikologi Dalam Ilmu-ilmu Sosial

Para ahli Psikologi mempelajari perilaku individu-individu dan kelompok-kelompok kecil individu. Disiplin ini terkadang didefinisikan untuk meliput semua bentuk perilaku manusia dan bukan manusia, manusia normal dan abnormal, individu dan kelompok, fisik dan mental, dan secara instink maupun dengan cara dipelajari. Secara tradisi, para ahli psikologi telah mempelajari tentang belajar, pertumbuhan dan perkembangan, berfikir, perasaan, perilaku kelompok, perkembangan kepribadian, dan perilaku abnormal.

Mengenal Disiplin Psikologi Dalam Ilmu-ilmu Sosial

Lapangan spesialisasi dalam psikologi meliputi beberapa yang berorientasi ilmu sosial dan lainnya yang lebih menyerupai ilmu alam. Berikut ini adalah beberapa contoh yang termasuk ilmu sosial. Ahli psikologi perkembangan mengkaji semua aspek perilaku perkembangan manusia selama rentang kehidupannya. Ahli psikologi eksperimen menggunakan pendekatan penelitian eksperimental (atau “laboratorium”) untuk mempelajari perilaku manusia secara individu. (Apabila perhatiannya pada penelitian perilaku yang bukan manusia dan atau perilaku menurut instink, maka para ilmuwan itu pasti berbicara dan bertindak sebagai ilmuwan sosial.) 

Ahli psikologi sosial tertarik dengan perilaku manusia dalam kelompok-kelompok (seperti, dalam kerja, dalam keluarga, dalam pengambilan keputusan). Ahli psikologi kepribadian mempelajari perkembangan dan hakekat kepribadian manusia. Ahli psikologi pengetahuan tertarik dengan bagaimana manusia berfikir dan belajar. Ahli psikologi klinis meneliti perilaku manusia terdidik yang tidak normal. (Ahli inipun bisa juga meneliti orang-orang yang terganggu, namun ini mungkin menjadi contoh dalam menerapkan pengetahuan yang telah ada dari pada mengembangkan pengetahuan baru).

Mengenal Disiplin Psikologi Dalam Ilmu-ilmu Sosial Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com