Mengenal Istilah IPS Pada Lingkungan Pendidikan | Biasa Membaca -->

Mengenal Istilah IPS Pada Lingkungan Pendidikan

Istilah ”Ilmu Pengetahuan Sosial”, disingkat IPS, merupakan nama mata pelajaran di tingkat Sekolah Dasar dan menengah atau nama program studi di perguruan tinggi yang identik dengan istilah “Social Studies” dalam kurikulum persekolahan di negara lain, khususnya di negara-negara Barat seperti Australia dan Amerika Serikat. Nama ”IPS” yang lebih dikenal social studies di negara itu merupakan istilah hasil kesepakatan dari para ahli atau pakar kita di Indonesia dalam Seminar Nasional tentang Civic Education tahun 1972 di Tawangmangu, Solo. IPS sebagai mata pelajaran di persekolahan, pertama kali digunakan dalam Kurikulum 1975. 

Mengenal Istilah IPS Pada Lingkungan Pendidikan

Namun, pengertian IPS di tingkat persekolahan itu sendiri mempunyai perbedaan makna, disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik khususnya antara IPS untuk Sekolah Dasar (SD) dengan IPS untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan IPS untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Pengertian IPS di persekolahan tersebut ada yang berarti nama mata pelajaran yang berdiri sendiri, ada yang berarti gabungan (integrated) dari sejumlah mata pelajaran atau disiplin ilmu, dan ada yang berarti program pengajaran. Perbedaan ini dapat pula diidentifikasi dari perbedaan pendekatan yang diterapkan pada masing-masing jenjang persekolahan tersebut.

Terdapat banyak persepsi tentang pengertian IPS di lingkungan pendidikan kita. Ingatkah ketika anda duduk di bangku Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah, pada saat anda mendapatkan pelajaran IPS dari Bapak/Ibu guru? Diantara anda tentu akan mempunyai persepsi yang beragam tentang apakah IPS itu. Mungkin ada diantara anda yang menganggap bahwa IPS terdiri atas mata pelajaran-mata pelajaran Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Persepsi ini terutama didasarkan pada pengalaman belajar IPS di SMP. Bagi mereka yang telah belajar IPS di SMA tentu akan lain lagi persepsinya. Pengertian IPS pada tingkat SMA paling tidak ada dua arti: pertama, IPS dapat berarti salah satu jenis program studi (A3). Kedua, bisa berarti sejumlah mata pelajaran yang termasuk kedalam disiplin ilmu-ilmu sosial. 

Mata pelajaran yang termasuk kelompok IPS pada tingkat SMA ini meliputi: Tata Negara, Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Geografi, dan Sejarah. Istilah IPS di Sekolah Dasar merupakan nama mata pelajaran yang berdiri sendiri sebagai integrasi dari sejumlah konsep disiplin ilmu sosial, humaniora, sains bahkan berbagai isu dan masalah sosial kehidupan. Materi IPS untuk jenjang Sekolah Dasar tidak terlihat aspek disiplin ilmu karena yang lebih dipentingkan adalah dimensi pedagogik dan psikologis serta karakteristik kemampuan berpikir peserta didik yang bersifat holistik.

Mengenal Istilah IPS Pada Lingkungan Pendidikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com