Keterampilan Memberi Penguatan Dalam Pembelajaran | Biasa Membaca -->

Keterampilan Memberi Penguatan Dalam Pembelajaran

Penguatan adalah segala bentuk respon terhadap suatu tingkah laku yang dapat meningkatkan kemungkinan berulangnya kembali tingkah laku tersebut. Sedangkan Uzer Usman berpendapat bahwa penguatan (reinforcement) adalah segala bentuk respon, baik verbal maupun nonverbal, yang merupakan bagian dari modifikasi tingkah laku guru terhadap tingkah laku siswa, yang bertujuan untuk memberikan umpan balik (feedback) bagi siswa atas perbuatannya sebagai tindak dorongan. 

Keterampilan Memberi Penguatan Dalam Pembelajaran

Kegiatan memberi penguatan bertujuan untuk:
a. meningkatkan perhatian siswa pada pelajaran.
b. merangsang dan meningkatkan motivasi belajar siswa.
c. meningkatkan kegiatan belajar dan membina tingkah laku siswa yang produktif.

Komponen-komponen memberi penguatan antara lain yaitu:
a. penguatan verbal, biasanya menggunakan kata-kata pujian, penghargaan, dan persetujuan. Misalnya: pintar sekali, bagus, betul, seratus.

b. penguatan non-verbal
1) penguatan berupa gerakan mimik dan badan. Misalnya: acungan jempol, senyuman, dan anggukan atau gelengan kepala.
2) penguatan dengan cara mendekati, misalnya: guru duduk dekat siswa, berdiri di samping siswa, dan berjalan di sisi siswa.
3) penguatan berupa simbol dan benda, misalnya kartu bergambar dan bintang dari plastik.
4) penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan.

Penguatan dapat ditujukan kepada pribadi tertentu, kelompok tertentu, maupun seluruh siswa. Dalam pelaksanaannya penguatan harus dilakukan dengan segera dan bervariasi. Sehubungan dengan itu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan guru dalam memberi penguatan, antara lain yaitu:
a. penguatan harus diberikan dengan sungguh-sungguh.
b. penguatan yang diberikan hendaknya bervariasi.
c. kehangatan dan keantusiasan, sikap dan gaya guru, termasuk suara, mimik, dan gerak badan, akan menunjukkan adanya kehangatan dan keantusiasan dalam memberikan penguatan.
d. kebermaknaan, penguatan hendaknya diberikan sesuai dengan tingkah laku dan penampilan siswa segingga dia mengerti dan yakin bahwa dia patut diberi penguatan.
e. menghindari penggunaan respon yang negatif karena akan mematahkan semangat siswa untuk mengembangkan dirinya.

Keterampilan Memberi Penguatan Dalam Pembelajaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com