Beberapa Asumsi Dasar Pengertian Micro Teaching | Biasa Membaca -->

Beberapa Asumsi Dasar Pengertian Micro Teaching

Untuk dapat memahami micro teaching atau microteaching bagi calon tenaga pendidik, dikemukakan beberapa asumsi dasar yaitu:

Beberapa Asumsi Dasar Pengertian Micro Teaching

a.  Pada umumnya guru tidak dilahirkan tetapi dibentuk terlebih dahulu.
b. Keberhasilan seseorang menguasai hal-hal yang kompleks ditentukan oleh keberhasilannya menguasai hal-hal yang lebih sederhana sifatnya. Dengan terlebih dahulu menguasai berbagai keterampilan dasar mengajar, maka akan dapat dilaksanakan kegiatan mengajar secara keseluruhan yang bersifat kompleks. Selain itu calon guru juga lebih mudah mengontrol tingkah lakunya.
c. Dengan menyederhanakan situasi latihan maka perhatian dapat dilakukan sepenuhnya kepada pembinaan keterampilan tertentu yang merupakan komponen kegiatan mengajar.
d. Dengan penyederhanaan situasi latihan, diharapkan akan memudahkan observasi yang lebih sistematis, obyektif serta pencatatan yang lebih teliti. Hasil dari observasi ini diharapkan dapat digunakan sebagi balikan calon guru tentang kekurangan yang dilakukan dan segera diketahui yang selanjutnya akan diperbaiki pada kesempatan latihan berikutnya.

Merujuk pada beberapa asumsi dasar microteaching dapat dikemukakan beberapa pengertian microteaching sebagai berikut:

a. La sulo berpendapat bahwa microteaching adalah suatu program yang berusaha membantu para calon guru maupun guru agar mereka dapat mengembangkan keterampilan dasar mengajarnya.
b. Dalam bukunya yang berjudul pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi, Prof. DR. Oemar hamalik berpendapat bahwa microteaching adalah suatu metode baru dalam rangka mempersiapkan atau memperbaiki keterampilan mengajar di dalam kelas. Pelaksanaannya dilakukan di dalam suatu laboraturium khusus, dengan sejumlah kecil siswa, waktu yang relatif pendek, bahan pelajaran yang disampaikan terbatas, dan ditujukan untuk memperbaiki atau melatih guru.
c. Menurut Richard N. Jensen, yang dikutip oleh Yatiman, microteaching didefinisikan sebagai suatu sistem yang memungkinkan seorang calon guru mengembangkan keterampilannya dalam menerapkan tehnik mengajar tertentu. Kata micro berasal dari kenyataan bahwa ada pembatasan atau pengurangan terhadap kompleksitas pembelajaran kelas yang normal.

Berpijak pada asumsi dasar dan pengertian microteaching tersebut, maka dapat disampaikan beberapa ciri microteaching :

a. Mikro dalam microteaching berarti pada skala kecil. Skala kecil berkaitan dengan ruang lingkup materi pelajaran, waktu, siswanya dan keterampilannya.
b. Mikro dalam pengajaran dimaknai sebagai bagian dari keterampilan mengajar yang kompleks akan dipelajari lebih mendalam dan teliti bagian demi bagian.
c. Microteaching pada hakekatnya adalah belajar yang sebenarnya. Ditinjau dari praktikan, calon tenaga pendidik akan belajar bagaimana melakukan pembelajaran sedangkan teman yang jadi siswa akan dapat merasakan bagaimana gaya mengajar temannya dirasakan tepat dan tidaknya strategi pembelajaran yang dibuat.

Microteaching yang dilaksanakan di program studi kependidikan pada umumnya adalah peer teaching. Pada model ini teman sebaya mendudukkan diri sebagai siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan pengamatan, peer teaching berlangsung dengan suasana yang sangat berbeda dalam suasana pembelajaran yang sesungguhnya. Berdasarkan hal itu, teman sebaya sebagai model siswa harus mampu menunjukkan performance sebagai siswa sasaran praktek microteaching. Jika model siswa dapat memerankannya dengan baik sesuai dengan jenjang sekolah, maka suasana ini justru akan mendorong calon guru untuk melakukan apa yang seharusnya terjadi pada saat ia mengajar siswa yang sebenarnya.

Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa microteaching adalah suatu model pengajaran yang disederhanakan, yang memungkinkan seorang calon guru mengembangkan keterampilannya dalam menerapkan tehnik mengajar tertentu. Disederhanakan dalam hal jumlah siswanya dikecilkan, ruang kelasnya terbatas, waktu pelaksanaannya pendek, terfokus pada keterampilan mengajar tertentu, dan pokok bahasannya disederhanakan.

Beberapa Asumsi Dasar Pengertian Micro Teaching Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com