4 Prinsip Bimbingan dan Konseling Dari Konsep-konsep Filosofis | Biasa Membaca -->

4 Prinsip Bimbingan dan Konseling Dari Konsep-konsep Filosofis

Prinsip-prinsip ini berasal dari konsep-konsep filosofis tentang kemanusian yang menjadi dasar bagi pemberian layanan bantuan atau bimbingan, baik disekolah maupun di luar sekolah. Menurut Prayitno, dkk (dalam Wagito, 2008:59) mengemukakan ada 4 prinsip Bimbingan dan Konseling yaitu: (a) prinsip berkenaan dengan sasaran layanan, (b) pinsip yang berkenaan dengan permasalahan individu, (c) prinsip yang berkenaaan dengan program layanan, (d) prinsip berkenaan dengan tujuan dan pelaksanaan pelayanan. Prinsip-prinsip BK tersebut akan diuraikan sebagai berikut.
4 Prinsip Bimbingan dan Konseling Dari Konsep-konsep Filosofis

A. Prinsip yang berkenaan dengan sasaran layanan

1. Bimbingan dan konseling melayani semua individu tanpa memandang umur, jenis kelamin, suku, agama dan status sosial ekonomi.
2. Bimbingan dan konseling berurusan dengan pribadi dan tingkah laku individu yang unik dan dinamis.
3. Bimbingan dan konseling memperhatikan sepenuhnya tahap dan bernagai aspek perkembangan individu.
4. Bimbingan dan konseling memberikan perhatian utama kepada perbedaan individual yang menjadi orientasi pokok pelayanan.

B. Prinsip yang berkenaan dengan permasalahan individu.

1. BK berurusan dengan hal-hal yang menyangkut pengaruh kondisi mental atau fisik individu terhadap penyesuaian dirinya dirumah, disekolah serta dalam kaitannya dengan kontak sosial dan pekerjaan, dan sebaliknya pengaruh lingkungan terhadap kondisi mental dan fisik individu.
2. Kesenjangan sosial, ekonomi dan kebudayaan merupakan faktor timbulnya masalah pada individu yang kesemuanya menjadi perhatian utama pelayanan BK.

C. Prinsip yang berkenaan dengan program layanan

Adapun prinsip-prinsip yang berkenaan dengan program pelayanan layanan BK itu adalah sebgaai berikut :
1. BK merupakan bagian integrasi dari proses pendidikan dan pengembangan, oleh karena itu BK harus diselaraskan dan dipadukan dengan program pendidikan serta pengembangan peserta didik
2. Program BK harus fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan individu, masyarakat dan kondisi lembaga dan
3. Program bimbingan dan konseling disusun secara berkelanjutan dari jenjang pendidikan terendah sampai tertinggi.

D. Prinsip berkenaan dengan tujuan dan pelaksanaan layanan

Pelaksanaan pelayanan BK baik yang bersifat insidental maupun terprogram, dimulai dengan pemahaman tentang tujuan layanan, dan tujuan ini akan diwujudkan melalui proses tertentu yang dilaksanakan oleh tenaga ahli dalam bidangnya, yaitu konselor profesional. Prinsip-prinsip yang berkenaan dengan hal tersebut adalah:

1. BK harus diarahkan untuk pengembangan individu yang akhirnya mampu membimbing diri sendiri dalm menghadapi permasalahannya.
2. Dalam proses BK keputusan yang diambil dan akan dilakukan oleh individu hendaknya atas kemauan individu itu sendiri bukan karena kemauan atau desakan dari pihak lain.
3. Permasalahan individu harus ditangani oleh tenaga ahli dalam bidang yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi.
4. Kerja sama antara guru pembimbing, guru-guru lain dan orang tua anak amat menentukan hasil pelayanan bimbingan serta.
5. Pengembangan program pelayanan BK ditempuh melalui pemanfaatan yang maksimal dari hasil pengukuran dan penilaian terhadap individu yang terlibat dalam proses pelayanan dan program bimbingan dan konseling itu sendiri.

Prinsip bimbingan dan Konseling menguraikan tentang pokok-pokok dasar pemikiran yang dapat dijadikan pedoman program pelaksanaan atau aturan yang harus diikuti dalam pelaksanaan program pelayanan bimbingan dan konseling dapat juga dijadikan sebagai seperangkat landasan praktis atau aturan yang harus diikuti dalam pelaksanaan program pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah agar pelaksanaan layanan BK di Sekolah dapat terlaksana secara maksimal dan memiliki daya tarik terhadap siswa.

4 Prinsip Bimbingan dan Konseling Dari Konsep-konsep Filosofis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com