Mekanisme Terjadinya Gempa Bumi | Biasa Membaca -->

Mekanisme Terjadinya Gempa Bumi

Gempa bumi adalah getaran tanah yang ditimbulkan oleh lewatnya gelombang seismik yang dipancarkan oleh suatu sumber energi elastik yang dilepaskan secara tiba-tiba. Pelepasan energi elastik tersebut terjadi pada saat batuan di lokasi sumber gempa tidak mampu menahan gaya yang ditimbulkan oleh gerak relatif antar blok batuan, daya tahan batuan menentukan besaran kekuatan gempa.

Teori yang dapat menjelaskan tentang energi elastik yang dapat diterima adalah pergeseran sesar dan teori kekenyalan elastis (elastic rebound theory) dari H.F Rheid (1906). Teori ini menjelaskan jika permukaan bidang sesar saling bergesekan batuan akan mengalami deformasi (perubahan wujud) jika perubahan tersebut melampaui batas elastisitas/regangannya. maka batuan akan patah (rupture) dan akan kembali ke bentuk asalnya (reboud). Sebagai ilustrasi Dapat dibayangkan sebuah per/pegas yang ditekan kemudian dilepaskan mendadak, atau sebuah tongkat/penggaris yang rigid yang ditekuk sampai patah ketika kembali ke posisi asalnya maka terjadi getaran.

Energi elastik yang dilepaskan merambat ke permukaan hanya sebagian kecil yang akan diubah menjadi gelombang seismik yang dipancarkan ke segala jurusan sedangkan sebagian energi akan diubah menjadi energi potensial dan energi panas. Berdasarkan cara penjalarannya gelombang seismik dibedakan menjadi:

baca juga : Mitos Seputar Gempa Bumi

1. Body Waves (gelombang badan)
Gelombang ini menjalar dan mampu merambat ke seluruh bumi, sama dengan gelombang suara dan cahaya menyebar ke segala arah menjauhi sumbernya. Body waves sendiri ada dua jenis, tergantung bagaimana zat padat dapat terdeformasi elastis, dengan berubah volume atau berubah bentuk.

a. Gelombang kompresi
Gelombang ini mendeformasi batuan dengan mengubah volume. Pemampatan dan peregangan menyebabkan perubahan volume dan densitas batuan yang dilaluinya. Ketika gelombang kompresi melalui suatu medium, kompresi menekan atom-atom saling mendekat. Tarikan atau peregangan adalah kebalikannya merupakan reaksi elastis (elastic respons) terhadap pemampatan/kompresi, sehingga menjarangkan jarak antar atom.
Partikel seolah-olah bergerak maju mundur searah gerak gelombang (longitudinal). Gelombang kompresi mempunyai kecepatan tertinggi diantara gelombang-gelombang seismik dan merupakan gelombang pertama yang tercatat pada stasiun gempa, oleh karena itu dinamakan gelombang primer (gelombang P).

b. Shear wave
Gelombang ini mendeformasi batuan dengan mengubah bentuk. Karena cairan dan gas tidak mempunyai daya elastisitas untuk kembali ke bentuk asal, shear wave hanya dapat merambat di medium padat. Shear wave terdiri dari seri gerak tegak lurus arah gelombang. Gerak pertikelnya bolak-balik tegak lurus arah gelombang dan dinamakan gelombang transversal (S). Kecepatan rambatnya lebih kecil dari gelombang longitudinal. Oleh karena itu, terekam setelah di stasiun gempa setelah Perambatan gelombang Longitudinal, gelombang Transversal dan gelombang Permukaan

2. Gelombang Permukaan (Surface Waves)
Penampilan gelombang permukaan sangat mirip dengan gelombang P dan S tetapi gelombang permukaan merambat di permukaan bumi, bukan di dalam bumi seperti body waves. Kecepatan rambat gelombang ini paling kecil, oleh karena itu tercatat di stasiun gempa sebagai gelombang paling akhir. Gelombang permukaan merambat di permukaan bumi sebagai getaran horizontal dan vertikal, yang dinamakan berdasarkan nama seorang pionir seismologi. Gelombang Love mirip dengan gelombang S, hanya gerakan partikel melintang selalu pada permukaan atau bidang sepanjang lintasan gelombang. Gelombang Rayleigh berbeda dengan gelombang-gelombang gempa lainnya. Partikel-partikel yang terlibat tidak bergerak lurus tetapi melingkar, seperti partikel air dalam gelombang laut, tetapi arahnya berlawanan.

selanjutnya : 4 Penyebab Terjadinya Gempa Bumi Menurut Ilmu Geografi

Mekanisme Terjadinya Gempa Bumi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com