Megatsunami Gelombang Tsunami Tertinggi Mencapai Ketinggian 100 Meter | Biasa Membaca -->

Megatsunami Gelombang Tsunami Tertinggi Mencapai Ketinggian 100 Meter

Banyak bukti menunjukkan bahwa megatsunami, yaitu tsunami yang mencapai ketinggian hingga 100  meter, memang mungkin terjadi. Peristiwa yang langka ini biasanya disebabkan oleh sebuah pulau yang cukup besar amblas ke dasar samudera. Megatsunami juga bisa disebabkan oleh sebongkah besar es yang jatuh ke air dari ketinggian ratusan meter. Gelombang ini dapat menyebabkan kerusakan yang sangat dahsyat pada cakupan wilayah pantai yang sangat luas.
Megatsunami Gelombang Tsunami Tertinggi Mencapai Ketinggian 100 Meter

baca juga : Sistem Peringatan Dini Mengenai Terjadinya Tsunami

Satu hal yang berkaitan dengan tsunami antara lain adalah seiche, yaitu fluktuasi atau pengalunan permukaan danau atau badan air yang kecil yang disebabkan oleh gempa-bumi kecil, angin, atau oleh keragaman tekanan udara. Seringkali gempa yang besar menyebabkan tsunami dan seiche sekaligus, atau sebagian seiche justru terjadi karena tsunami.

Gelombang tsunami tertinggi yang tercatat sampai saat ini adalah tsunami di Alaska pada tahun 1958 yang disebabkan oleh amblasnya lempeng tektonik di Teluk Lituya. Tsunami ini memiliki ketinggian lebih dari 500 meter dan menghancurkan pohon-pohon dan tanah pada dinding fjord. Saat gelombang tsunami kembali ke laut, gelombang tersebut langsung menyebar dan tingginya menurun dengan cepat. Tingginya gelombang saat berada di pantai lebih disebabkan karena topografi wilayahnya, dari pada karena energi yang dikeluarkan oleh peristiwa amblasnya lempeng.

Fjord merupakan suatu teluk sempit (inlet) di antara tebing-tebing atau lahan terjal. Biasa dijumpai di Norwegia, Alaska, dan Selandia Baru. Sebelumnya fjord ini merupakan sungai gletser yang terbentuk di wilayah pegunungan di kawasan pantai. Saat suhu menjadi hangat, sungai gletser ini mencair, akibatnya permukaan air laut naik dan membanjiri lembah di sela-sela pegunungan tersebut.

selanjutnya : Bencana dan Tsunami Yang Terjadi Di Indonesia

Megatsunami Gelombang Tsunami Tertinggi Mencapai Ketinggian 100 Meter Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com