Evaluasi Bimbingan Perkembangan di Taman Kanak-kanak | Biasa Membaca -->

Evaluasi Bimbingan Perkembangan di Taman Kanak-kanak

Evaluasi Bimbingan Perkembangan di Taman Kanak-kanak
Evaluasi program bimbingan perkembangan lebih diarahkan pada evaluasi proses yang dilakukan dalam setiap langkah guna memperoleh umpan balik bagi perbaikan kegiatan-kegiatan lanjutan. Trotter, 1991 (Muro & Kottman, 1995 : 61) merekomendasikan pelaksanaan evaluasi contex-level untuk menunjukkan praktek yang tengah berlangsung, karakteristik anak didik, keuangan, material, perlengkapan dan sumber-sumber yang ada dalam pelaksanaan program. Melalui rancangan evaluasi ini pembimbing dapat mengumpulkan data-data tentang implementasi aktual tentang pelaksanaan program bimbingan yang sudah direncanakan

Langkah-langkah dalam pelaksanaan evaluasi program adalah :

1. Merumuskan pertanyaan.
Guru atau pembimbing merumuskan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan aspek-aspek apa saja dalam program bimbingan perkembangan yang akan dievaluasi. Pertanyaan tersebut perlu dikemas secara jelas dan menyeluruh sehingga semua aspek program bimbingan dapat terevaluasi secara baik.

2. Menetapkan sasaran evaluasi.
Guru atau pembimbing perlu menetapkan siapa atau apa yang menjadi sasaran evaluasi. Kejelasan sasaran ini akan mengarahkan proses evaluasi secara lebih baik. Apakah sasaran evaluasi ini diarahkan pada pelaksanaan bimbingan, anak didik, keuangan, atau yang lainnya.

3. Pelaksanaan evaluasi
Pelaksanaan evaluasi adalah inti dari program evaluasi. Guru atau pembimbing dalam tahap ini melaksanakan evaluasi sesuai dengan apa yang direncanakan.

4. Mengkaji tingkat keberhasilan pelaksanaan program
Setelah pelaksanaan program, guru atau pembimbing perlu mengkaji seberapa jauh tingkat keberhasilan pelaksanaan program bimbingan yang dilaksanakan. Pengkajian ini didasarkan pada kriteria yang telah ditentukan.

5. Pengambilan keputusan
Pelaksanaan evaluasi dan pengkajian tingkat keberhasilan pelaksanaan program merupakan langkah untuk mengambil suatu keputusan, apakah program yang telah dilaksanakan itu cukup baik dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan atau perlu dilakukan berbagai perbaikan-perbaikan. Pengambilan keputusan ini perlu dilakukan untuk dapat lebih menyempurnakan program yang telah dilaksanakan

6. Melakukan pertimbangan kontekstual
Pelaksanaan program bimbingan tidak selamanya dapat berjalan sesuai dengan harapan, hal ini mungkin terjadi karena situasi dan kondisi tempat pelaksanaan program bimbingan dapat turut mewarnai pelaksanaan bimbingan itu sendiri. Oleh karenanya pertimbangan kontekstual perlu dilakukan untuk lebih menunjang efektivitas pelaksanaan bimbingan

7. Merumuskan rekomendasi
Rekomendasi dirumuskan untuk dilakukan tindak lanjut oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Program yang telah dievaluasi perlu ditindaklanjuti secara lebih baik agar dapat menghasilkan program yang lebih bermutu. Rekomendasi yang disusun secara jelas dan teratur berdasarkan langkah-langkah evaluasi yang sudah ditempuh akan memberikan arahan yang lebih baik dalam upaya menyempurnakan program yang dilaksanakan.

8. Melaksanakan tindak lanjut.
Berdasarkan rekomendasi yang telah disusun, guru atau pembimbing melakukan proses tindak lanjut. Proses ini perlu dilakukan untuk menyempurnakan program bimbingan yang telah ada sehingga dapat sesuai dengan apa yang diharapkan. Evaluasi proses dalam program bimbingan perkembangan melibatkan semua pihak yang terlibat dalam aktivitas bimbingan, atau dengan kata lain, evaluasi ini bukan hanya merupakan tanggung jawab guru atau pembimbing saja, tetapi personil yang ada di taman kanak-kanak maupun pihak lain yang turut terlibat dalam pelaksanaan program memiliki andil yang sama dalam upaya melakukan evaluasi proses bimbingan perkembangan yang dilakukan di taman kanak-kanak.

Evaluasi Bimbingan Perkembangan di Taman Kanak-kanak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

1 komentar:

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com