Tipe Budaya Politik | Biasa Membaca -->

Tipe Budaya Politik

Tipe Budaya Politik
Budaya politik sangat luas ruang lingkupnya (Morton R. Davies and Vaughan A. Lewis “Model of Political System”, yang meliputi :

a. Parochial political culture (Budaya politik parokial ), yaitu terbatas pada wilayah atau lingkup yang kecil, misalnya bersifat provinsial. Dalam masyarakat tradisional dan sederhana, dimana spesialisasi sangat kecil, para pelaku politik sering melakukan peranannya serempak dengan peranannya dalam bidang ekonomi, keagamaan dan lain-lain.

b. Subject political culture (Budaya politik kaula), yaitu dimana anggota masyarakat mempunyai minat, perhatian terhadap sistem secara keseluruhan. Namun posisinya sebagai kaula, menyebabkan mereka pasif. Mereka menganggap dirinya tidak berdaya mempengaruhi atau mengubah sistem dan oleh karena itu mereka menyerah saja kepada berbagai kebijakan dan keputusan para penguasa.

c. Participant political culture (Budaya politik partisipan), yaitu ditandai oleh adanya perilaku yang berbeda dengan “Subject political culture”. Pada budaya politik ini, seseorang menganggap dirinya ataupun orang lain sebagai anggota aktif dalam kehidupan politik. Seseorang dengan sendirinya menyadari setiap hak dan kewajibannya dan dapat pula melaksanakannya. Tidak diharapkan seseorang harus menerima begitu saja suatu keadaan atau disiplin mati, tunduk terhadap keadaan. Hal ini disebabkan mereka merupakan mata rantai dari suatu proses politik.

Gabriel A. Almond mengungkapkan kesimpulan bahwa atas dasar ketiga model tersebut terdapat budaya politik campuran (Mixed political culture), yaitu :
1) Parochial – subject culture,
2) Subject-participant culture,
3) Parochial – participant culture, and
4) Civic culture, yang merupakan gabungan karakteristik tipe-tipe kebudayaan politik yang “murni” seperti uraian di atas.

Tipe Budaya Politik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com