Rangsangan Gerakan Kasar dan Gerakan Halus Pada Anak Usia 0 - 3 Bulan | Biasa Membaca -->

Rangsangan Gerakan Kasar dan Gerakan Halus Pada Anak Usia 0 - 3 Bulan

RANGSANGAN GERAKAN KASAR DAN GERAKAN HALUS BERDASARKAN USIA ANAK 0 - 3 BULAN 

1. GERAKAN KASAR 

Jika kita perhatikan, di usia beberapa pekan bayi mulai dapat menggerakkan kepala/lehernya dari kiri atau kanan, meskipun biasanya ia akan meletakkan kepalanya ke arah sebelah kanan. Melewati usia 3 bulan, ia mulai dapat mengangkat kepalanya dari permukaan tempatnya bertelungkup. Berkembangnya kemampuan untuk mengendalikan pergerakan kepala ini membuat anak memiliki kesempatan untuk melihat keadaan sekelilingnya. 
Gerakan Kasar Pada Anak Usia 0-3 Bulan
Gerakan Kasar Pada Anak Usia 0-3 Bulan
Kegiatan yang dapat dilakukan: 
  • Biarkan anak menendang sesuka hati. Hal ini menunjukkan rasa senangnya. Jaga agar anak tidak tergelincir. 
  • Berbaringlah bersama anak. Tidak hanya ketika tidur ibu dan ayah menemaninya sambil berbaring, tetapi juga ketika terjaga. Anak akan merasa nyaman dan berusaha untuk melihat kita, juga bergerak ke arah kita. 
  • Letakkan mainan di salah satu sisi tempatnya berbaring. Lakukan secara bergantian, kali ini di sisi kiri, esok di sisi kanan. Dengan mengubah letak mainan, secara tak langsung ibu dan ayah merangsang anak untuk menggunakan otot tubuh yang berbeda agar dapat meraih mainan yang menarik perhatiannya. 

2. GERAKAN HALUS 

Untuk merangsang kemampuan gerakan halus anak, yang pertama kali harus kita lakukan adalah mendapatkan perhatiannya. Aneka jenis mainan yang aman dapat membantu anak memusatkan perhatian dan berusaha untuk meraihnya. Anda dapat menggantungkannya di atas tempat tidur bayi. Pastikan bahwa mainan yang anda gantungkan berada dalam jangkauan jarak pandang dan anak dapat menggapainya. Cara lain adalah dengan membiarkan anak melihat apa yang anda lakukan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, ketika anda merapikan pakaian anak, anda dapat memperlihatkan bagaimana anda menyusun pakaian. Anak akan tertarik dengan kegiatan berulang-ulang yang anda lakukan dan berusaha untuk meraihnya dengan menggerak-gerakkan tangannya. 
Gerakan Halus Pada Anak Usia 0-3 Bulan
Gerakan Halus Pada Anak Usia 0-3 Bulan
Kegiatan yang dapat dilakukan : 
  • Sediakan mainan yang dapat digenggam oleh tangan mungilnya. Mainan berukuran besar sering kali membuat anak kesulitan menggenggamnya. Bila anak mengalami kesulitan, kadang ia pun kehilangan rasa tertarik untuk mencoba meraihnya. Anak senang meraih benda dan mengamatinya dari jarak dekat. 
  • Letakkan mainan dalam jangkauan anak. Usahakan anak tertarik dan berusaha meraihnya. Jangan terlalu jauh meletakkannya agar anak tidak merasa putus asa dan kehilangan rasa tertarik terhadap mainan tersebut. Sesekali ibu dan ayah dapat membantunya dengan memberikan mainan yang ia minati bila ia terlihat kesulitan untuk mendapatkannya. 
  • Bermain tangan. Tidak harus mainan yang berwarna-warni atau berbagai bentuk, anak pun akan tertarik bermain dengan tangan ibu dan ayah. Gerakkan tangan ibu dan ayah dengan variasi agar anak pun berusaha untuk meraih atau meniru gerakan tangan ibu dan ayah.

Rangsangan Gerakan Kasar dan Gerakan Halus Pada Anak Usia 0 - 3 Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

1 komentar:

  1. Asal permainan ini merupakan permainan dari negri Cina yang berupa permainan kartu poker versi cina. Permainan Niu Niu ini menggunakan deck kartu biasa yang seperti dimainkan pada permainan poker dengan jumlah 52 kartu tanpa joker.

    Setiap pemain akan mendapatkan masing-masing 5 kartu di tangan untuk di adu dengan kartu bandar. Nah, pada permainan Niu Niu Live Casino biasanya terdapat 1 Bandar dan 3 lapak Player.

    Promo Bonus menarik dari BOLAVITA :
    > BONUS NEW MEMBER 10%
    > BONUS REFERRAL 10%
    > BONUS ROLLINGAN 0.5%

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    Transaksi bisa dilakukan melalui :
    => PULSA ( XL & TELKOMSEL )
    => E-wallet (OVO, LINK AJA, GO-PAY, JENIUS dan DANA)
    => Bank (BCA, BRI, BNI, MANDIRI, CIMB NIAGA dan DANAMON)

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc

    BalasHapus

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com