Pengertian Komunikasi Secara Umum Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia | Biasa Membaca -->

Pengertian Komunikasi Secara Umum Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

Komunikasi secara umum dapat diartikan sebagai hubungan atau pertukaran informasi. Informasi sendiri sebagai suatu yang akan disampaikan dapat berupa data, berita ataupun pesan yang dilambangkan dalam bentuk simbol/tanda, tulisan, gambar ataupun suara.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, komunikasi didefinisikan sebagai pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antar manusia, dua orang atau lebih dengan cara yang tepat sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Oleh karena itu dalam komunikasi ada tiga bagian pokok, yaitu sumber informasi sebagai pengirim; media transmisi sebagai pembawa informasi; dan tempat tujuan informasi sebagai penerima informasi. Dengan demikian secara umum, suatu sistem komunikasi dapat ditunjukkan seperti gambar dibawah ini.

Komunikasi Satu Arah

Komunikasi Dua Arah

Sumber informasi, yaitu sumber dari informasi asli (simbol/tanda, gambar ataupun suara) yang akan
dikirimkan/ditransmisikan. Media transmisi, yaitu sarana untuk menyalurkan informasi yang telah dirubah menjadi sinyal listrik dengan melalui kawat atau gelombang radio. Sedangkan tujuan/penerima informasi yaitu tempat dimana informasi asli harus diterima.

Sedangkan telekomunikasi, berasal dari kata tele (bahasa Yunani) yang berarti jauh, dan komunikasi yang berarti hubungan/pertukaran informasi. Jadi telekomunikasi dapat diartikan sebagai hubungan atau pertukaran informasi pada jarak yang berjauhan.

Suatu pengertian yang mencakup proses, bentuk informasi maupun media transmisinya menyebutkan, bahwa telekomunikasi adalah setiap pemancaran, pengiriman atau penerimaan tiap jenis tanda, gambar, suara atau informasi dalam bentuk apapun melalui sistem kawat, optik, radio atau sistem elektromagnetik lainnya.

Dari pengertian tersebut, akhirnya dijumpai sarana komunikasi yang sesuai dengan bentuk informasinya sebagai jasa telekomunikasi. Seperti halnya telepon, yang berasal dari kata tele dan phone (suara atau pembicaraan), sehingga telepon dapat diartikan sebagai pembicaraan jarak jauh.  Demikian pula istilah telegrap yang berarti penulisan jarak jauh, televisi yang berarti penglihatan jarak jauh dan sebagainya.

Agar dapat berlangsung proses telekomunikasi, maka informasi asli yang masih berupa tanda, tulisan, gambar atau suara haruslah diubah dulu menjadi suatu energi listrik atau sinyal listrik, sehingga dapat disampaikan ke tujuan pada jarak tertentu. Selanjutnya ditempat tujuan, energi atau sinyal listrik tersebut diubah kembali menjadi bentuk informasi aslinya. Dengan demikian suatu hal yang sangat penting dalam proses telekomunikasi adalah adanya transduser, yang berfungsi sebagai pengubah dari informasi asli menjadi bentuk sinyal yang dapat ditransmisikan atau sebaliknya.

Oleh karena itu secara umum sistem telekomunikasi dapat digambarkan kembali dengan diagram blok sebagai berikut:

Diagram Blok Prinsip Komunikasi Satu Arah

Diagram Blok Prinsip Komunikasi Satu Arah

Untuk melaksanakan suatu sistem komunikasi dua arah, maka alat-alat seperti pada gambar diatas harus dibuat duplikatnya pada arah yang berlawanan.

Sebagaimana telah disebutkan bahwa untuk dapat mentransmisi-kan informasi, maka informasi tersebut harus diubah dulu menjadi sinyal. Sinyal sendiri pada hakekatnya merupakan lambang yang terbentuk secara tepat dari media yang telah dipilih sebagai transdusernya, yang biasanya dilambangkan melalui variasi dari sifat-sifat tertentu yang dimiliki oleh transduser yang bersangkutan terhadap waktu.

Bentuk sinyal dalam telekomunikasi ada 2 (dua) macam, yaitu sinyal analog dan sinyal kode (termasuk di dalamnya ada sinyal digital). Sinyal analog adalah sinyal listrik yang langsung mengikuti perubahan-perubahan sesaat dari energi informasi aslinya. Sebagai contoh, mikropon sebagai transduser yang menghasilkan suatu sinyal listrik yang langsung mengikuti perubahan-perubahan dari energi suara yang menggerakkan mikropon. Sedangkan sinyal kode adalah sinyal listrik dalam bentuk kode atau tanda yang telah ditentukan terlebih dahulu, yang berupa pulsa-pulsa atau perubahan-perubahan dari sinyal tersebut yang dapat dimengerti oleh manusia dan alat/mesin pada kedua sisi dari sistem komunikasi.

Akhirnya secara garis besar, sistem komunikasi dibutuhkan untuk jasa telekomunikasi (telepon, telegrap, telex, transmisi data) dan juga jasa penyiaran (berita, penerangan) dengan mengutamakan penyiaran yang dapat didengar melalui radio atau yang nampak mata dan dapat didengar melalui televisi.

Pengertian Komunikasi Secara Umum Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com