Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi

Manusia dalam mengarungi hidupnya selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhannya baik berupa barang maupun jasa. Ilmu ekonomi timbul sebagai akibat adanya kebutuhan manusia yang tidak terbatas sedang alat pemuas kebutuhan (sumber daya ekonomi) terbatas, adanya usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya, serta adanya alternatif penggunaan sumber daya ekonomi dengan berbagai tujuan tertentu.

Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi
 
Sumber daya ekonomi yang tersedia dan terbatas jumlahnya ada yang disediakan secara gratis oleh alam, dan ada yang perlu diolah lebih lanjut. Untuk mengolah memerlukan sumber daya produksi atau faktor-faktor produksi, yaitu alam, manusia, modal, dan kewirausahaan.

Manusia dengan tindakan memilihnya berusaha memenuhi kebutuhan pokoknya terlebih dahulu. Setelah kebutuhan pokok terpenuhi, berusaha lagi memenuhi kebutuhan lainnya. Namun muncul lagi kebutuhan baru. Terpenuhi kebutuhan yang baru, muncul lagi kebutuhan yang lebih baru. Begitu seterusnya, manusia berusaha memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas. Akibatnya manusia harus melakukan pilihan dalam memanfaatkan berbagai sumber daya yang langka. Agar pilihan yang dilakukan benar-benar dapat memenuhi kebutuhan, manusia memerlukan bantuan ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi merupakan studi tentang bagaimana manusia memilih dan memanfaatkan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan.

Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani oikonomia, yaitu dari kata oikos dan nomos. Oikos berarti rumah tangga dan nomos berarti mengatur. Jadi, oikonomia adalah mengatur rumah tangga. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, maka pengertian ekonomi juga berkembang bukan saja mengatur rumah tangga dalam arti sempit, tetapi rumah tangga dalam arti luas, seperti rumah tangga perusahaan, masyarakat, negara, bahkan dunia.

Di bawah ini terdapat beberapa definisi tentang ilmu ekonomi.

1. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usahausaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya.
2. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mengajarkan bagaimana menentukan pilihan dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas.
3. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usahausaha manusia untuk mencapai kemakmuran.
4. Ilmu ekonomi merupakan studi tentang uang, suku bunga, modal, dan kekayaan.
5. Paul A. Samuelson: Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu dan masyarakat membuat pilihan dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber daya yang terbatas untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi sekarang atau masa akan datang kepada individu atau masyarakat.
 
Definisi-definisi di atas menekankan beberapa hal berikut.

- Dalam ilmu ekonomi terdapat masalah penentuan dan pembuatan pilihan dalam sumber-sumber daya ekonomi atau faktor produksi.
- Sumber-sumber daya ekonomi tersebut terbatas (langka), sehingga perlu penggunaan alternatif.
- Untuk memenuhi kebutuhan individu dan masyarakat, perlu dilakukan produksi, distribusi, dan konsumsi.
- Bagaimana menentukan pilihan dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas.
- Bertujuan memecahkan masalah ekonomi untuk mencapai kemakmuran.
- Kegiatan dan perilaku manusia dalam rangka produksi, konsumsi, distribusi, dan transaksi yang terjadi pada masyarakat dengan menggunakan uang atau tanpa menggunakan uang atau dengan sumber daya yang tersedia untuk konsumsi masa sekarang dan masa yang akan datang.

Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Reka Andika

0 komentar:

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.blogspot.com