Karena pengaruh perkembangan teknologi terjadi perubahan yang cukup drastis dalam segala bidang termasuk pekerjaan. Masyarakat perkotaan berubah cepat dibandingkan masyarakat pedesaan. Pola kehidupan agraris berubah menjadi pola kehidupan industri, dimana kehidupan masyarakatnya menuntut memiliki spesialisasi dan profesionalisme dalam melakukan pekerjaan. Sehingga sifat-sifat kebersamaan, hidup lebih santai diganti oleh sikap individualis dan kerja keras.
Pola kerja masyarakat modern menuntut kerja yang tidak teratur melebihi waktu biasa. Banyaknya waktu yang digunakan untuk bekerja akan mengubah citra penghasilan yang diperoleh. Asumsinya penghasilan tinggi akibat suami-isteri bekerja akan meningkatkan kemampuan ekonomi dan kesejahtraan keluarga.
Namun dalam kehidupan keluarga, anak mempunyai masalah selalu ditinggal orang tuanya bekerja maka anak lebih lama berhaul dan hidupnya dengan pembantu daripada dengan orang tuanya. Kondisi demikian berbagai masalah keluarga timbul dikarenakan pelaksanaan tugas dan fungsi keluarga tidak berjalan, seperti hubungan komunikasi diantara anggota keluarga sangat terbatas malahan mungkin hilang.
Komponen-komponen kurikulum berbasis masyarakat meliputi:
a. Tujuan dan filsafat pendidikan dan psikologi belajar
b. Analisis kebutuhan masyarakat sekitar termasuk kebutuhan siswa
c. Tujuan kurikulum (TUK dan TKK)
d. Pengorganisasian dan implementasi kurikulum
e. Tujuan pembelajaran (TPU dan TPK)
f. Strategi pembelajaran mencakup model-model pembelajaran
g. Teknik evaluasi (proses dan produk)
h. Implementasi strategi pembelajaran
i. Penilaian dalam pembelajaran dan
j. Evaluasi program kurikulum
Beroreantasi pada komponen-komponen kurikulum berbasis masyarakat tersebut, maka langkah-langkah pengembangannya terdiri dari:
Langkah l : Penentuan tujuan pendidikan berdasarkan filsafat dan psikologi pendidikan juga berdasarkan spesifikasi kebutuhan masyarakat dan kebutuhan siswa
Langkah 2 : Analisis kebutuhan masyarakat sekitar, siswa dan mata ajar
Langkah 3 : Spesifikasi tujuan kurikulum baik tujuan umum maupun tujuan khusus
Langkah 4 : Pengorganisasian dan implementasi kurikulum dan struktur program
Langkah 5 : Spesifikasi tujuan pengajaran termasuk TPU dan TPK
Langkah 6 :Seleksi strategi pembelajaran meliputi kegiatan, model, dan metode pembelajaran
Langkah 7 : Seleksi awal teknik evaluasi
Langkah 8 : Seleksi final teknik evaluasi (langkah ini dilakukan setelah langkah 5)
Langkah 9 : Implementasi strategi pembelajaran secara aktual
Langkah 10 : Evaluasi pengajaran untuk menilai keberhasilan siswa dan efektivitas pembelajaran dan perbaikan evaluasi
Langkah 11 : Evaluasi program kurikulum
Langkah l : Penentuan tujuan pendidikan berdasarkan filsafat dan psikologi pendidikan juga berdasarkan spesifikasi kebutuhan masyarakat dan kebutuhan siswa
Langkah 2 : Analisis kebutuhan masyarakat sekitar, siswa dan mata ajar
Langkah 3 : Spesifikasi tujuan kurikulum baik tujuan umum maupun tujuan khusus
Langkah 4 : Pengorganisasian dan implementasi kurikulum dan struktur program
Langkah 5 : Spesifikasi tujuan pengajaran termasuk TPU dan TPK
Langkah 6 :Seleksi strategi pembelajaran meliputi kegiatan, model, dan metode pembelajaran
Langkah 7 : Seleksi awal teknik evaluasi
Langkah 8 : Seleksi final teknik evaluasi (langkah ini dilakukan setelah langkah 5)
Langkah 9 : Implementasi strategi pembelajaran secara aktual
Langkah 10 : Evaluasi pengajaran untuk menilai keberhasilan siswa dan efektivitas pembelajaran dan perbaikan evaluasi
Langkah 11 : Evaluasi program kurikulum
0 komentar:
Posting Komentar