Gelombang Tsunami Menurut Ilmu Fisika | Biasa Membaca -->

Gelombang Tsunami Menurut Ilmu Fisika

Gelombang tsunami bisa dijelaskan dari fenomena penjalaran gelombang secara transversal; energinya adalah fungsi dari ketinggian (amplitudo) dan kecepatannya. Ketinggiannya sangat dipengaruhi oleh panjang gelombang. Tsunami memiliki panjang gelombang ratusan km, berperilaku seperti gelombang air-dangkal. Suatu gelombang menjadi gelombang air-dangkal atau shallowwater wave ketika perbandingan kedalaman air dengan panjang gelombangnya kecil dari 0.05.


Baca Juga : Penjelasan Mengenai Penyebab Terjadinya Tsunami

Kecepatan gelombang air-dangkal (v) adalah : v = akar (g*d), dengan g adalah percepatan gravitasi dan d adalah kedalaman air. Bayangkan, pada kedalaman 10 km di samudera India, sebuah tsunami akan memiliki kecepatan awal sekitar 300 m/detik atau sekitar 1000 km/jam. Kecepatan ini akan berkurang seiring dengan semakin dangkalnya kedalaman air ke arah pantai.

Namun, energi yang dikandung gelombang tidaklah berkurang banyak. Ini sesuai hubungan laju energi yang hilang (energi loss rate) pada gelombang berjalan berbanding terbalik dengan panjang gelombangnya; dengan kata lain semakin besar panjang gelombangnya maka makin sedikit energi yang hilang, sehingga energi yang dikandung tsunami bisa dianggap konstan. 
Karena energinya konstan, berkurangnya kecepatan akan membuat ketinggian gelombang (amplitudo) bertambah. Ilmuwan mencatat dengan kecepatan 1000 km/jam menuju pantai, tinggi gelombang bisa mengalami kenaikan sampai 30 meter.

Selanjutnya : Karakteristik Gelombang Tsunami

Gelombang Tsunami Menurut Ilmu Fisika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

1 komentar:

  1. Terimakasih ya..saya gunakan untuk kerjakan tugas informasi yang Anda berikan

    BalasHapus

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com