Hidup Di Tengah Daerah Rawan Bencana | Biasa Membaca -->

Hidup Di Tengah Daerah Rawan Bencana

Hidup Di Tengah Daerah Rawan Bencana
Telah kita sadari bahwa sebagian besar wilayah Republik Indonesia memeliki kerentanan terhadap bencana geologi, gempa bumi, tsunami, letusan gunung api dan longsor. Kerentanan tersebut merupakan hasil dari proses alam yang terjadi sejak jutaan tahun yang lalu dalam skala waktu geologi sampai sekarang dan masa yang akan datang.

baca juga : 10 Petunjuk Tindakan Saat Menghadapi Gempa Bumi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini belum mampu mengubah wilayah tingkat kerentanan menjadi wilayah tidak rentan. Untuk menghindari bencana, cara yang paling mudah adalah tidak bertempat tingga di wilayah rawan bencana. Namun hal tersebut bukanlah hal yang dapat dilakukan mengingat perkembangan jumlah penduduk dan kebutuhan lahan permukiman semakin meningkat.

Masyarakat perlu memahami dan menyadari serta mensyukuri dikaruniai wilayah yang memiliki sumberdaya geologi seperti bahan galian, minyakbumi, batubara, gas dan mineral. Bahwa alam sebenarnya telah menunjukkan keteraturannya proses pembentukan sumberdaya geologi merupakan produk dari dinamika bumi.

Kejadian gempa bumi adalah peristiwa alam biasa, masyarakat hanya dapat mengurangi dampak kejadian dengan memahami tata cara penyelamatan diri dan kesiap-siagaan. Dengan mengetahui tanda-tanda alam sebenarnya kita dapat hidup harmonis walaupun berada di tengah wilayah yang rentan bencana . Kita harus hidup bersahabat dengan alam dengan cara menyesuaikan, menyelaraskan, dan berusaha terus menerus mempelajari rahasia alam beradaptasi dengan lingkungan.

selanjutnya : Cara Memonitoring Gempa Bumi dan Gempa Bumi Susulan

Hidup Di Tengah Daerah Rawan Bencana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com