Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Kegiatan di Laboratorium Kimia | Biasa Membaca -->

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Kegiatan di Laboratorium Kimia

Kegiatan Yang Benar di Laboratorium

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Kegiatan di Laboratorium Kimia 

a. Melaksanakan pengecekan peralatan

Laboratorium dalam melaksanakan kegiatannya, harus melakukan pemantauan kondisi laboratorium, diantaranya melakukan pengecekan alat gelas dan instrumen. Pengecekan alat gelas dan instrumen dilakukan dengan cara memeriksa secara periodik alat gelas dan instrumen selalu dalam keadaan bersih setelah digunakan, bila ada kerusakan alat gelas dan instrumen maka diperbaiki atau tidak digunakan lagi.

b. Pengecekan sampel uji

Sampel yang ada atau diterima suatu laboratorium, harus disiapkan untuk selanjutnya sampel tersebut diuji menggunakan prosedur yang tersedia. Preprasi sampel untuk uji di laboratorium dilakukan berdasarkan uraian yang ada dalam materi sebelumnya.

c. Memelihara kesehatan laboratorium

Setiap orang yang bekerja di laboratorium harus menggunakan baju/jas laboratorium dan pelindung yang lain seperti kaca mata untuk bekerja di laboratorium.

Baca Juga : Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Saat di Laboratorium

Menyiapkan Laboratorium Untuk Analisis Rutin

a. Membersihkan wilayah kerja

Ruangan laboratorium dibersihkan setiap selesai digunakan yaitu lantai dan meja laboratorium. Bila ada tumpahan dibersihkan dan dibuang dengan menggunakan pelindung untuk tangan dan muka.

b. Membersihkan timbangan dan ruang timbang

Timbangan harus ditempatkan di ruang khusus yang tertutup sehingga tidak bercampur dengan alat yang lain. Secara teratur setiap kali selesai menimbang maka timbangan dan piringan timbangan harus bersih dari debu dan tumbahan bahan kimia. Pembersihan timbangan menggunakan alat kuas/sikat yang halus.

Menyimpan Bahan Kimia dan Larutan

a. Penyimpanan dan inventarisasi bahan kimia

Bahan kimia dikelompokkan menjadi bahan padat, bahan cair, asam kuat dan lainnya. Pengelompokkan tersbut harus disertai dengan inventarisasi dan data masing-masing bahan kimia dan stok serta kartu kendalinya.

b. Menyiapkan larutan dan standarisasinya

Larutan yang disiapkan dikelompokkan menjadi larutan yang tahan dalam beberapa bulan dan yang harus disiapkan setiap saat sebelum digunakan. Untuk membuat larutan dengan konsentrasi tertentu, perlu dihitung menggunakan rumus yang telah ada. Perhitungan tersebut disajikan pada materi sebelumnya.

Laruatn yang tidak digunakan lagi atau kadaluarsa serta sisa atau buangan larutan ditampung pada penampung dengan pengelompokan : sisa logam, asam, basa, bahan organik dan lainnya.

Baca Juga : Pengertian dan Penggunaan Kimia Analitik

Perawatan Alat Gelas

a. Pengelompokan alat gelas

Alat gelas yang biasa digunakan di laboratorium kimia dikelompokkan menjadi : (1). Peralatan dasar : gelas piala, erlenmeyer, tabung reaksi, cawan, pipet, botol pereaksi dll. (2). Peralatan ukur : gelas ukur, pipet ukur, pipet volume, buret, botol BOD dll. (3). Peralatan analisis : termometer, piknometer, elektroda, dll.

b. Penggunaan alat gelas

Peralatan gelas yang telah digunakan harus dicuci dan dibersihkan. Untuk alat gelas yang terkontaminasi dipisahkan dari alat gelas yang lain, bila perlu dilakukan sanitasi. Secara periodik dalam melakukan inventarisasi alat gelas perlu pengecekan apakah ada kerusakan (pecah), sehingga bila ada kerusakan maka perlu diadakan perbaikan atau dibuang. Perlu adanya formulir peminjaman penggunaan alat gelas, sehingga ada kendali keluar masuknya alat gelas dari gudang alat gelas.

Selanjutnya : Tahapan Dalam Analisis Kimia

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Kegiatan di Laboratorium Kimia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: khadhika

0 komentar:

Posting Komentar

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman materi pelajaran terbaru dari biasamembaca.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

Dikirim oleh biasamembaca.com